Kiat Sukses Budidaya Ternak Jangkrik Dengan Benar Untuk Pemula


Cengkerik (Gryllidae) dan kita menyebutnya sebagai JANGKRIK (Crickets) adalah hewan jenis serangga yang berkerabat sangat dekat dengan belalang. Bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang rata dan sama sama memiliki antena panjang dibagian kepala. Jangkrik diklarifikasikan sebagai hewan omnivora yang memakan segala baik daging dan tumbuhan. Jangkrik lebih dikenal dari belalang karena memiliki suara yang khas dan hanya dihasilkan oleh jangkrik jantan, hal ini dikarenakan sayap pada jangkrik jantan lebih kasar dan kering sehigga menghasilkan suara saat digesekan. Secara harfiah hal ini sangat alami karena suara yang dihasilkan jangkrik jantan digunakan untuk menarik perhatian si betina terutama pada saat musim kawin. Seperti halnya hewan lain yang juga memiliki ciri khas khusus suara jangkrik dapat dijadikan pertahanan untuk menandai wilayah dan mengusir pejantan lain yang mendekat.

Kiat Sukses Budidaya Ternak Jangkrik Dengan Benar Untuk Pemula
Kiat Sukses Budidaya Ternak Jangkrik Dengan Benar Untuk Pemula

 Awal Mula Budidaya Ternak Jangkrik

Jangkrik sudah sejak lama dipelihara dengan berbagai macam tujuan seperti untuk Jagoan di arena laga layaknya ayam aduan biasanya disertai dengan kegiatan taruhan. Disuatu wilayah di ASIA jangkrik juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi sebagian masyarakat. Lain halnya di daratan amerika selatan tepatnya di Caraguatatuba Brazil jangkrik bisa jadi menjadi pertanda buruk jika jangkrik berwarna hitam, dan warna yang lain juga memiliki simbol tersendiri seperti ijau bertanda harapan dan kelabu bertanda berkah. Seperti pepatah "lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya" yang artinya sesuatu yang sama dilain tempat bisa berbeda makna dan budayanya. Bahkan suara jangkrik juga dapat dijadikan lelucon layaknya komedi di suatu tempat tertentu seperti di indonesia yang menirukan suara monyet juga dianggap lucu.

Kembali ke topik Cara Budidaya Ternak Jangkrik yang menjanjikan terutama untuk pasar pecinta burung kicau mania yang telah menjamur di indonesia. Jangkrik menjadi makanan faforit karena kandungan zat tertentu yang terdapat dalam tubuh jangkrik dapat menyulap suara jangkrik menjadi semakin nyaring. Karena faktor inilah jangkrik kini dibudidaya untuk dijual sebagai pakan burung dan bukan lagi sebagai hewan aduan seperti zaman dulu. Saat ini bisa kita rasakan terutama yang hobi sama burung pasti sangat peka kalau pecinta burung di indonesia kian lama kian bertambah banyak semakin melonjak melampaui perkiraan, jadi usaha Budidaya Jangkrik pun menjadi alternatif usaha dalam skala menengah kebawah. Keuntungan yang dirasakan para peternak terdahulu kini juga diikuti oleh peternak pemula yang ingin merasakan sukses budidaya ternak jangkrik.

Cara Budidaya Jangkrik sangat gampang dan tidak banyak resiko yang mengintai karena modal yang dibutuhkan relatif kecil dibandingkan dengan usaha ternak yang lainya. Keberhasilan dalam menjalankan Budidaya Jangkrik sangat tinggi mencapai 90% baik penetasan dan keberhasilan mendapatkan hasil panen asalkan dilakukan dengan sungguh sungguh mulai dari memberi makan dan memperhatikan faktor pendukung lainya. Yang terpenting adalah menjaga kondisi kandang dan memberi makan yang cukup jangan sampai terlambat atau kehabisan makan. Karena jangkrik bisa menjadi kanibal jika sampai tidak ada makanan disekitarnya.

Kiat Sukses Budidaya Ternak Jangkrik Dengan Benar Untuk Pemula
Kiat Sukses Budidaya Ternak Jangkrik Dengan Benar Untuk Pemula

 Jenis Jangkrik

Di dunia terdapat ribuan Jenis Jangkrik dan di indonesia sendiri ada sekitar 100 jenis jangkrik yang telah diketahui. Namun untuk jangkrik yang banyak dibudidaya ada dua jenis yaitu  Gryllus Mitratus (Jangkrik Alam) dan Gryllus testaclus (Jangkrik Kalung). Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik Kalung bisa dilihat dari bentuk tubuhnya. Jika Jangkrik Alam jarum telurnya lebih pendek dikepala seperti ada kacamatanya dan mempunyai penampilan yang tenang sedangkan Jangkrik Kalung mempunyai tubuh lebih besar dan kuat jarum telur panjang terdapat garis kuning di punggung serta lebih agresif. Masing masing memiliki kelebihan untuk pakan burung jangkrik alam lebih disukai tetapi gizi yang terkandung masih bagus pada jangkrik kalung.

Manfaat Jangkrik

Selain untuk pakan burung dan untuk umpan memancing jangkrik juga sangat baik untuk bahan baku kosmetik karena ada beberapa kandungan yang sangat penting didalam tubuh jangkrik yang dapat membuat kulit menjadi segar dan halus. Untuk peternak ikan jangkrik juga dapat dijadikan makanan pokok karena saat dipelihara pakan jangkrik sendiri juga berupa konsentrat/voor. Semakin berkembangnya pengetahuan manusia jangkrik juga menjadi salah satu makanan untuk manusia selain bisa dijadikan Tepung Jangkrik juga dijadikan rempeyek yang sangat lezat. Namun bagi anda yang alergi dengan makanan dari serangga saya sarankan jangan coba-coba ya!

Ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam BUDIDAYA TERNAK JANGKRIK antara lain:
  1. Lokasi Ternak Jangkrik harus tenang, teduh dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik, usahakan suhu ruangan hangat.
  2. Sebaiknya lokasi jauh dari tempat yang sering dilewati orang karena akan mengganggu ketenangan si jangkrik.
  3. Lokasi jauh dari sumber-sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya dan lain sebagainya( hal ini dapat menghambat pertumbuhan jangkrik karena kegiatan makan sering terganggu).
  4. Hindarkan box/kandang terkena sinar matahari secara langsung atau berlebihan karena dapat mengurangi nafsu makan jangkrik, karena jangkrik lebih menyukai tempat yang gelap seprti malam hari.
  5. Bebas dari gangguan predator seperti semut, cicak, tokek, kadal, dll karena mengancam populasi jangkrik dan dapat membuat kegagalan dalam memelihara jangkrik.
  6. Jauh dari kandang ayam atau tempat yang berbau menyengat karena kita harus membuat kandang bersih dan se steril mungkin agar hasil panen maksimal.
Cara Budidaya Ternak Jangkrik secara teknis

Secara teknis untuk memulai budidaya jangkrik harus mempersiapkan kandang mulai dari lokasi hingga membuat kotak pemeliharaan yang sudah dibahas di Panduan Budidaya Jangkrik Untuk Pemula.

1. Kandang jangkrik dan sarana lain yang mendukung
  • Ukuran Kandang Jangkrik
Kandang Jangkrik / BOX terbuat dari kayu tripleks / plywood berukuran +- 240cm x 60cm x 30cm atau satu triplex utuh, bisa menampung sampai 50kg jangkrik tlondo siap panen. Pada bagian dalam kotak bagian atas diberi lakban lebar 5cm untuk mencegah jangkrik keluar kandang. Kemudian diseluruh permukaan bagian dalam diolesi dengan semen yang dicampur dengan lem kayu agar tidak dimakan jangkrik jika dewasa dan mencegah jangkrik kecil keluar melalui celah yang ada. Kotak ini bisa digunakan 4-8 kali (tergantung kondisi media) sebelum digunakan lagi sebaiknya dibersihkan dengan air larutan daun sirih untuk mensterilkan kumam. Lebih bagus lagi jika di lapisi ulang dengan semen agar seperti baru. Kandang Jangkrik diberi penutup berupa kasa/waring dan plastik/terpal yang dibentuk kotak sesuai ukuran kandang agar mudah jika mau membuka dan menutup kandang.

  • Bahan Membuat Kandang Jangkrik
  1. lakban licin warna coklat 1 buah
  2. lem kayu 1 buah
  3. semen putih/blawu 2 kg untuk olesan
  4. tre (wadah telur bekas) secukupnya
  5. tripleks/kardus ukuran 20x30 cm untuk wadah pakan voor
  6. plastik/terpal untuk penutup luar
  7. waring/kasa untuk penutup/pelindung
  8. kayu reng/bambu dan paku secukupnya

  • Pendukung Kandang Jangkrik lainya
Pendukung untuk kandang jangkrik yang lain berupa TRE bekas telur ayam yang nantinya dipakai untuk media hidup dan bersembunyi jangrik. Pisau untuk mengiris pakan sayuran dll, jika perlu dipersiapkan timbangan dan ember untuk memanen jangkrik nantinya.

2. Pembibitan Jangkrik

Ada 2 cara untuk mendapatkan bibit jangkrik atau telur jangkrik yaitu dengan membeli dari Penjual Telur Jangkrik atau menelurkan sendiri dari indukan yang ada. Untuk yang kedua setidaknya anda harus mempunyai stok indukan dahulu dan beresiko anda tidak dapat apa-apa karena jangkrik gagal bertelur.
  • Membeli dari Penjual Telur Jangkrik
Jika didaerah anda tidak ada penjual telur jangkrik jangan kwatir anda bisa membeli secara online kepada kami. Kami menyediakan bibit telur jangkrik berkualitas dengan daya tetas yang tinggi dan siap menerima pesanan ke seluruh Nusantara.
  • Mendapat Telur Jangkrik dari indukan sendiri
Cara yang satu ini bisa dikatakan sebagai cara mandiri dengan memelihara indukan dan diambil telurnya. Cara ini hanya dilakukan bagi yang sudah profesional saja jika tidak anda seperti bertaruh pada lotre yang belum tentu berhasil mendapatkanya,

3. Pemeliharaan Jangkrik

Ini ada proses yang paling ditunggu seperti halnya kereta api yang sampai di stasiun dan kita segera berangkat. Pada fase Pemeliharaan Jangkrik kita harus teliti baik dalam pemberian pakan maupun terhadap gangguan yang datang setiap saat.
  • Dimulai dari menata TRE dikandang
Sebelum menata tre dalam kandang sebaiknya tre dijemur dahulu lalu dibersihkan. Setelah tre benar benar bersih kini saatnya menata tre dalam kandang. Pertama tre ditata sejajar merata keseluruh kandang, kosongkan saja bagian samping yang tidak muat ditaruh tre. Untuk lapis yang kedua tre ditata kebalikanya dari yang bawah agar tercipta rongga didalam. Rongga ini yang nantinya digunakan untuk bersembunyi jangkrik. Dan tempat yang kosong tadi diisi dengan tre yang agak jelek ditekuk dan ditaruh disitu. Untuk awa pemeliharaan cukup 2 lapis saja dan selanjutnya bisa ditambah sesuai kebutuhan.
  • Menetaskan Telur Jangkrik
Setelah tre tertata dengan rapi saatnya untuk Menetaskan Telur Jangkrik yang kita dapat. Sebelum telur ditetaskan hendaknya dilihat apakah telur jangkrik sudah tua apa belum ciri ciri telur jangkrik siap menetas adalah berwarna coklat dan biasanya ada beberapa ekor yang sudah menetas. Jika sudah maka telur siap untuk ditetaskan, bisa menggunakan koran maupun kain.
  • Memberi Makan Jangkrik
Makanan Jangkrik yang wajib ada adalah voor ayam 511 yang dihaluskan kemudian juga dierikan makanan tambahan berupa sayuran seperti sawi putih, pepaya muda, gambas, dll. Voor ayam harus diberikan dari mulai menetas hingga panen karena ini adalah sumber gizi utama dan memberikan bobot pada jangkrik. Untuk sayuran dapat ditambah menyesuaikan umur jangkrik itu sendiri, semakin besar maka makanan jangkrik semakin beragam seperti pohon pepaya daun ketela dll.
  • Perawatan Jangkrik dan Kandang
Kaki kaki kandang jangkrik diberi oli bekas yang ditaruh di wadah dari botol aqua bekas untuk mencegah semut masuk kedalam kandang. Makanan jangkrik jangan dibiarkan sampai membusuk terutama untuk jangkrik yang masih kecil sebaiknya pakan diganti setiap hari. Untuk voor ayam wajib diberikan dan harus selalu ada didalam kandang. Sekedar tips sebelum voor habis sebaiknya ditambah lagi hingga menggunung supaya jangkrik tidak berebut makanan yang mengaibatkan luka dan kematian.

4. Pencegahan Hama dan Penyakit Pada Jangkrik
  • Kesehatan dan Sanitasi
Sanitasi atau kebersihan lingkungan sangat penting dan harus diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Beternak Jangkrik. Mulai menjaga kebersihan kandang untuk menghindarkan jangkrik dari zat kimia dan makanan yang terbebas dari insectisida yang terdapat pada tanaman waktu penyemprotan.
  • Pencegahan terhadap Penyakit
Sebaiknya kandang dikondisikan dalam keadaan yang selalu kering agar kesehatan selalu terjaga dan membawa keberhasilan dalam Budidaya Ternak Jangkrik. Jika ada jangkrik yang sakit maka harus cepat mengambil tindakan dengan memisahkan antara yang sakit dan sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan memindahkan jangkrik yang sehat di kamdang baru yang steril agar tidak menular dan menghabiskan semua peliharaan jangkrik yang ada dikandang.
  • Penyakit dan penyebab kematian Jangkrik
Sebetulnya sampai saat ini pun tidak ada penyakit ditemukan menjangkit pada jangkrik tetapi hanya sekedar jamur yang ditimbulkan oleh kandang yang terlalu lembab sehingga membuat udara terkontaminasi dengan bau yang dapat membunuh jangkrik. Biasanya hal ini disebabkan oleh makanan atau sayur yang mulai membusuk dan mulai berjamur namun tidak segera dibersihkan atau diganti.
  • Obat dan Vaksinasi
Untuk pemeliharaan jangkrik tidak perlu menggunakan obat maupun vaksinasi seperti pada ayam pedaging namun beberapa petani mempunyai resep khusus atau jamu yang dijadikan makanan tambahan agar jangkrik menjadi lebih sehat dan lahap makan sehingga pertumbuhan menjadi semakin cepat dan waktu panen juga semakin cepat. Dengan demikian pakan jangkrik dapat ditekan dan keuntungan makin cepat datang.

5. Panen Jangkrik

Jangkrik dapat dipanen setelah berumur +- 30 hari atau satu bulan setelah penetasan telur jangkrik. Jika anda ingin menjadikan indukan untuk diambil telurnya maka anda harus mempersiapkan kandang yang baru untuk memindah dan mempersiapkan prosedur peneluran jangkrik.
  • Hasil Utama Panen Jangkrik
Hasil yang dapat diambil dari budidaya jangkrik ada 3 yang sangat menguntungkan tentunya. Pertama dapat diambil jangkrik tlondo untuk dijual sebagai pakan burung yang sangat luas pemasaranya. Kedua dapat diambil telurnya jika anda menargetkan untuk menjadi penjual telur jangkrik dan harganya juga jauh lebih mahal dari jangkrik sendiri. Dan yang ketiga adalah Tepung Jangkrik, yaitu jangkrik yang dikeringkan lalu digiling dan dijadikan tepung bisa untuk pakan burung dan kebutuhan lainya.
  • Cara Pemanenan Jangkrik
Jangkrik yang sudah dewasa atau jangkrik tlondo yang masih belum bersayap ditangkap dengan cara dikibaskan dari tre, karena jangkrik selau menempel pada tre semasa hidupnya. Begitu juga jika mau memindahkan untuk dijadikan indukan cara kerjanya juga sama. Selanjutnya jangkrik dikumpulkan pada wadah ember dan dibersihkan dari kotoran dan sampah yang ikut. Kemudian sesegera mungkin ditimbang dan dimasukan dalam karung yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jika sudah maka jangkrik siap dijual dan dipasarkan.

6. Kegiatan Pasca Panen Jangkrik
  • Mengumpulkan TRE
Setelah selesai panen sebaiknya segera mungkin untuk mengumpulkan tre sisa yang masih bagus untuk dijemur selama beberapa hari karena kemungkinan nanti kita akan membutuhkanya untuk menambah tre jika jangkrik sudah mulai dewasa sekitar umur 20 hari keatas. Dan sebelum 20 hari wajib untuk memakai tre yang baru dan belum pernah dipakai untuk jangkrik.
  • Mencuci kotak kandang jangkrik
Kandang jangkrik harus dicuci dengan larutan daun sirih untuk mensterilkan dari bakteri dan kuman. Alangkah baiknya jika dicuci dahulu dengan sabun lalu dilap dengan larutan daun sirih tersebut. Selanjutnya di olesi kembali dengan semen lalu dijemur hingga kering dan siap untuk digunakan kembali.



Baca Juga Artikel Selanjutnya http://www.caraternakjangkrik.com/2014/01/manfaat-dan-efek-jangkrik-untuk-kenari.html