Saturday, December 31, 2016

 Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar

Cara Penetasan Telur Jangkrik sebenarnya sangatlah mudah tidak memerlukan perlakuan khusus seperti menetaskan telur ayam atau bebek dan unggas lainya. Inilah mudahnya Budidaya Jangkrik.

 Mengapa Menetaskan Telur Jangkrik dikatakan mudah?
 
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar

Karena meskipun kita biarkan saja atau kita buang sekalipun telur jangkrik akan menetas dengan sendirinya. Berbeda dengan telur ayam yang harus dierami atau dibuatkan mesin penetas telur khusus yang diatur sesuai kondisi saat dierami agar dapat memproses telur hingga menetas hingga 100%. Untuk Menetaskan Telur Jangkik ada beberapa metode yang bisa dipakai seperti menggunakan media kain, pasir, koran, kardus, dan kelaras/daun pisang kering. Karena Telur Jangkrik dapat menetas secara alami maka yang perlu dilakukan adalah membuat agar kondisi tempat pemeliharaan seperti layaknya di alam bebas. Mulai dari suhu kelembaban dan gelap terang harus benar-benar diperhatikan. Jadi baik penetasan secara tradisional ataupun modern yang menentukan kesuksesan adalah bagaimana anda mengatur usaha Budidaya Jangkrik dari awal mulai Beternak Jangkrik.

Menetaskan telur jangkrik sebenarnya sangat mudah, karena pada dasarnya telur-telur jangkrik ini dapat menetas dengan sendirinya walaupun hanya dengan di biarkan saja dan bahkan dibuang sekalipun. Namun, untuk menggenjot tingkat produktifitas jangkrik diperlukan perawatan khusus supaya semua telur-telur jangkrik dapat menetas secara keseluruhan dan dalam waktu yang serentak. Hal ini tentu sangat berkaitan begitu erat dengan keberhasilan bisnis usaha budidaya beternak jangkrik yang dijalankan.

Di alam bebas, jangkrik dapat dengan mudah bertelur dan menetaskan telurnya pada media tanah ataupun pasir dengan cara mengeluarkan dan menusukkan ovipositornya kedalam tanah atau pasir sedalam 5-15 mm. Umumnya, jangkrik betina ini mampu bertelur walaupun tidak dibuahi oleh jangkrik jantan. Namun, telurnya tidak akan menetas karena telur ini disebut telur infertil atau telur tidak subur.

Jangkrik betina akan meletakan telur-telurnya di dalam tanah atau pasir secara berkelompok, dimana dalam satu kelompok tersebut berkisaran antara 4-120 butir telur. Namun semua telur telur tersebut tidak dapat menetas secara bersamaan dan waktu penetasan akan dimulai setelah hari ke 13 sampai hari ke 25 terhitung dari proses peletakan telurnya.

Dalam bisnis usaha budidaya beternak jangkrik terdapat beberapa cara yang umum digunakan oleh para peternak jangkrik untuk menetaskan telur-telur jangkriknya diantaranya adalah dengan menggunakan media kain, pasir, tanah, kertas koran, kardus dan kelaras pisang dll. Karena telur jangkrik bisa menetas dengan sendirinya secara alami maka hal yang perlu dilakukan adalah membuat dan menjaga kondisi supaya tempat penetasan telur layaknya seperti dialam bebas. Baik dari settingan suhu kelembapan dan settingan pencahayaan.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik


Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya cara menetaskan telur jangkrik dapat menggunakan berbagai media. Namun pada prinsipnya tujuannya adalah sama, hanya saja media yang harus disiapkanlah yang berbeda. Jadi menetaskan telur jangkrik secara tradisional maupun modern yang dapat menentukan keberhasilan adalah bagaimana caranya mengatur bisnis usaha budidaya jangkrik dari awal beternak jangkrik.

Dan berikut ini Kabar Budidaya akan berbagi tips menetaskan telur jangkrik dengan menggunakan 2 cara yakni dengan cara menetaskan telur jangkrik dengan menggunakan media pasir dan cara menetaskan telur jangkrik dengan menggunakan media
kain.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik yang Baik dan Benar


1. Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media Pasir

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar


Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menetaskan telur jangkrik dengan menggunakan media pasir diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan telur jangkrik, baik telur jangkrik sendiri maupun telur jangkrik dari membeli di peternak jangkrik.
  2. Siapkan media pasir, sebelum digunakan pasir di ayak ataupun si saring hingga halus.
  3. Agar telur terhindar dari serangan penyakit dan parasit, ada baiknya pasir halus dicuci dan di jemur terlebih dahulu untuk lebih menyeterilisasi kondisi pasir sebulum digunakan untuk menetaskan telur jangkrik
  4. Siapkan wadah untuk menampung media pasirnya.
  5. Masukan media pasir kedalam wadah dengan ketebalan cukup hanya 2-3 cm saja.
  6. Taburkan telur jangkrik pada media pasir  dan tutup kembali dengan menggunakan media pasir tidak perlu terlalu tebal yang penting telur sudah tertutup.
  7. Masukkan wadak ke dalam kandang jangkrik khusus penetasan.
  8. Lakukan perawatan secara teratur dengan menyemprokkan air supaya kelembapan tetap terjaga namun jangan terlalu basah.
  9. Jika perawatan dilakukan secara intensif maka setelah 10 hari kemudian telur jangkrik akan menetas.
2.  Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media Kain
 
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Baik dan Benar


Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menetaskan telur jangkrik dengan menggunakan media kain diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan kain, sebagai gambarannya kain berukuran 25x25 cm. Namun ukuran kain ini dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing.
  2. Masukkan telur jangkrik ke dalam kain.
  3. Bungkus telur jangkrik dan berikan celah lubang yang nantinya untuk jalan keluar bagi jangkrik yang sudah menetas.
  4. Pindahkan kain yang berisi telur jangkrik ke dalam wadah dan masukan ke dalam kandang khusus penetasan.
  5. Semprot media kain dengan air untuk menjaga kelembapan namun jangan terlalu basah.
  6. Tunggu dan biarkan hingga proses penetasan telur jangkrik sudah selesai.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan perawatan yang optimal. Dengan begitu peluang sukses pun semakin besar. Tak hanya cara menetaskan telur jangkrik namun juga sangat berkaitan dengan aspek-aspek lain yang menyangkut segala sesuatu hal yang berhubungan dengan bisnis usaha budidaya beternak jangkrik. Oleh sebab itu, silahkan kunjungi Tips sukses bisnis usaha budidaya beternak jangkrik dengan harapan dapat membantu dan meminimalisir terjadinya kegagalan dalam merintis bisnis usaha budidaya beternak jangkrik. Setelah semua telur-telur jangkrik sudah menetas hal yang perlu dilakukan adalah sebagai betikut :

Cara Merawat Jangkrik Yang Baru Menetas (Nimfa)

Perawatan jangkrik kecil dan jangkrik dewasa ini berbeda. Sebab, jangkrik kecil umumnya masih rentan terhadap kondisi lingkungan terutama kondisi kandang. Kondisi kandang yang terlalu panas dan lembab dapat menimbulkan kematian. Tentu hal ini sangat merugikan usaha yang dijalankan bukan ?

Kandang yang digunakan untuk memelihara jangkrik kecil dan jangkrik dewasa juga harus dipisah, hal ini untuk menghindari jangkrik dewasa memangsa jangkrik-jangkrik kecil tersebut. Untuk kandang jangkrik kecil ukurannya tidak perlu besar karena untuk memudahkan dalam perawatan serta pemantauan jangkrik kecil yang memang ukurannya masih kecil.

Cara menjaga kondisi kandang agar tidak terlalu panas dan terlalu lembab dapat menggunakan media botol yang diisi dengan air dan berikan kain ataupun kapas. Dengan begitu, kondisi udara di dalam kandang jangkrik akan tetap stabil. Untuk mempercepat tingkat pertumbuhan jangkrik kecil dapat diberikan pakan berupa wortel. Sedangkan untuk menambahkan staminanya dapat diberikan pakan berupa ubi. 
Selain menjaga kondisi kandang agar tidak terlalu panas dan lembab kebersihan kandang pun juga perlu diperhatikan. Bersihkan sisa sisa pakan jangkrik yang tidak termakan, agar tidak membusuk dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin dapat menyebabkan kematian bagi jangkrik jangkrik kecil. Dengan begitu kondisi kandang tetap higienis.

Demikianlah sekilas info dari Kabar Budidaya semoga bermanfaat serta dapat membantu untuk mempermudah dalam menjalankan bisnis usaha budidaya beternak jangkrik terutama dalam menangani cara menetaskan telur jangkrik yang baik dan benar.

Sumber :  http://www.caraternakjangkrik.com/