Skip to main content

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah


 Jangkrik, familia Gryllidae, adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang hanya dihasilkan oleh jangkrik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya. Suara jangkrik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar.

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah

Ada sekitar 900 spesies jangkrik.Jangkrik telah dipelihara manusia sejak lama, dan di Asia dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Adu jangkrik adalah sejenis permainan judi. Di Caraguatatuba, Brazil, jangkrik hitam di dalam ruangan dipercaya sebagai tanda datangnya penyakit, jangkrik hijau harapan, dan jangkrik kelabu uang. Dalam komedi, suara jangkrik biasanya digunakan untuk menandakan lawakan yang tidak lucu dan tidak membuat orang tertawa.

Baru-baru ini jangkrik menjadi populer dan mulai di lirik oleh para pelaku bisnis, banyak para pelaku bisnis tertarik pada jangkrik karena jengkerik sekarang mulai memilki nilai ekonomi yang lumayan dari makanan burung hingga bahan dasar kosmetik.

Dulu pengusaha ternak jengkerik menangkap jangkrik langsung di alam mereka mencari jangkrik di dalam belukar dan di sekitar taman kota.Setelah sekian lama minat masyarakat semakin meninggi, maka permintaan jangkrik terus meningkat, namun jengkerik alam sekarang sulit diperoleh karena polusi, karenanya untuk memenuhi persyaratan sekarang jangkrik mulai di budidaya.

keunggulan dari jengkerik budidaya dibanding jengkerik alam adalah :

jangkrik budidaya memiliki tubuh lebih besar daripada jangkrik alam dan usia panenlebih cepat, dengan keunggulan seperti itu budidaya jangkrik sekarang terus meningkat.

Cara penetasan telur jangkrik

Langkah-langkah penetasan telur jangkrik dengan media tetas dari pasir 


Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
  1. Siapkan nampan plastic berisi pasir/tanah halus di dalam kotak penetasan ya kira 2,5cm lah gan dan Pasir/tanah disemprotkan kabut air secukupnya agar menjadi lembap.
  2. Taburkan telur-telur jangkrik secara merata dia atas pasir/tanah yang telah disemprot kabut air secara merata gan.
  3. Setelah telur jangkrik ditabur secara merata di atas pasir/tanah,nampan di tutup kain yg telah di sepot dengan air
  4. Untuk menjaga kelembapan media tetas, setiap 1 hari sekali media tetas dapat disemprotkan dengan kabut air lembut agar tetap terjaga kelembapannya. Dalam kurung waktu kurang lebih 13 hari, telur jangkrik yang normal sudah menetas.
Begitulah gan cara penetasannya,setelah menetas tinggal perawatannya , simak di bawah ini !

Penetasan dengan Media Handuk/Kain
Langkah-langkah penetasan telur jangkrik dengan media handuk/kain adalah sebagai berikut.

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
  1. Siapkan 2 – 3 buah bata merah dan rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam, kemudian masukkan dalam kotak penetasan dan atur secara rapi.
  2. Siapkan satu lembar handuk/kain yang berserat halus (tidak terlalu baru) dan letakkan di atas bata yang telah disiapkan dalam kotak penetasan.
  3. Taburkan telur jangkrik secara merata ke seluruh permukaan handuk/kain tersebut.
  4. Untuk menjaga media tetas, setiap 2 hari sekali media tetas dapat disemprot dengan air lembut. Dalam waktu kurun kurang lebih 13 hari, telur jangkrik yang normal sudah akan menetas.
Terima kasih sudah membaca artikel ini . SEMOGA BERHASIL !!

Sumber : http://www.caraternakjangkrik.com/2016/10/cara-mengenali-telur-jangkrik.html

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan