Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah


 Jangkrik, familia Gryllidae, adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang hanya dihasilkan oleh jangkrik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya. Suara jangkrik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar.

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah

Ada sekitar 900 spesies jangkrik.Jangkrik telah dipelihara manusia sejak lama, dan di Asia dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Adu jangkrik adalah sejenis permainan judi. Di Caraguatatuba, Brazil, jangkrik hitam di dalam ruangan dipercaya sebagai tanda datangnya penyakit, jangkrik hijau harapan, dan jangkrik kelabu uang. Dalam komedi, suara jangkrik biasanya digunakan untuk menandakan lawakan yang tidak lucu dan tidak membuat orang tertawa.

Baru-baru ini jangkrik menjadi populer dan mulai di lirik oleh para pelaku bisnis, banyak para pelaku bisnis tertarik pada jangkrik karena jengkerik sekarang mulai memilki nilai ekonomi yang lumayan dari makanan burung hingga bahan dasar kosmetik.

Dulu pengusaha ternak jengkerik menangkap jangkrik langsung di alam mereka mencari jangkrik di dalam belukar dan di sekitar taman kota.Setelah sekian lama minat masyarakat semakin meninggi, maka permintaan jangkrik terus meningkat, namun jengkerik alam sekarang sulit diperoleh karena polusi, karenanya untuk memenuhi persyaratan sekarang jangkrik mulai di budidaya.

keunggulan dari jengkerik budidaya dibanding jengkerik alam adalah :

jangkrik budidaya memiliki tubuh lebih besar daripada jangkrik alam dan usia panenlebih cepat, dengan keunggulan seperti itu budidaya jangkrik sekarang terus meningkat.

Cara penetasan telur jangkrik

Langkah-langkah penetasan telur jangkrik dengan media tetas dari pasir 


Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
  1. Siapkan nampan plastic berisi pasir/tanah halus di dalam kotak penetasan ya kira 2,5cm lah gan dan Pasir/tanah disemprotkan kabut air secukupnya agar menjadi lembap.
  2. Taburkan telur-telur jangkrik secara merata dia atas pasir/tanah yang telah disemprot kabut air secara merata gan.
  3. Setelah telur jangkrik ditabur secara merata di atas pasir/tanah,nampan di tutup kain yg telah di sepot dengan air
  4. Untuk menjaga kelembapan media tetas, setiap 1 hari sekali media tetas dapat disemprotkan dengan kabut air lembut agar tetap terjaga kelembapannya. Dalam kurung waktu kurang lebih 13 hari, telur jangkrik yang normal sudah menetas.
Begitulah gan cara penetasannya,setelah menetas tinggal perawatannya , simak di bawah ini !

Penetasan dengan Media Handuk/Kain
Langkah-langkah penetasan telur jangkrik dengan media handuk/kain adalah sebagai berikut.

Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
Cara Penetasan Telur Jangkrik dengan Cepat dan Mudah
  1. Siapkan 2 – 3 buah bata merah dan rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam, kemudian masukkan dalam kotak penetasan dan atur secara rapi.
  2. Siapkan satu lembar handuk/kain yang berserat halus (tidak terlalu baru) dan letakkan di atas bata yang telah disiapkan dalam kotak penetasan.
  3. Taburkan telur jangkrik secara merata ke seluruh permukaan handuk/kain tersebut.
  4. Untuk menjaga media tetas, setiap 2 hari sekali media tetas dapat disemprot dengan air lembut. Dalam waktu kurun kurang lebih 13 hari, telur jangkrik yang normal sudah akan menetas.
Terima kasih sudah membaca artikel ini . SEMOGA BERHASIL !!

Sumber : http://www.caraternakjangkrik.com/2016/10/cara-mengenali-telur-jangkrik.html