cara perawatan jangkrik agar tidak mudah mati dan hasil panen maksimal

cara perawatan jangkrik agar tidak mudah mati dan hasil panen maksimal

semua orang pasti ingin hasil maksimal ketika panenan jangkrik yang di peroleh lebih banyak dari sebelumnya.banyak orang ingin  trik bagaimna cara menghasilkan panen jangkrik maksimal menurut saya gampang tergantung telur jangkrik dan pakan jangkrik serta kandang yang harus dibersihkan setiap hari dan pergantian pakan setiap saat ketika sayuran sudah mulai layu dan membusuk. pada dasarnya kita di sini hanyalah di tuntut untuk membuat sebuah desai box/kandang Jangkrik berbentuk kotak seperti halnya sebuah peti. Box dapat di buat dengan menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah di dapat di toko-toko bangunan terdekat seperti triplek/plywood.peti yang dibuat haru serapat mungkin agar jangkrik tidak keluar untuk lebih baiknya oleskan lem kayu pada setiap sudut sambungan triplek.

box/kandang jangkrik


Box/kandang Jangkrik harus di beri kaki-kaki dengan tinggi sekitar 5-10 cm, berilah 4 kaki pada box yang berbentuk persegi empat dan berilah 6 kaki apabila box/kandang Jangkrik berbentuk peti persegi panjang dengan ukuran panjang 240x10x100 cm
Janganlah lupa botol untuk sendal tersebut di berikan oli supaya menghindar beberapa binatang pemangsa seperti kerangkang, semut, serta beda sebagainya. Kenapa kita mesti isi botol sisa pada kaki-kaki box.

selain pembuatan box dengan model kayu dapat juga dibuat dengan kardus untuk box jangkrik

cara membuat kandang /box jangkrik dengan benar :

Siapkanlah kayu reng (kayu yang di buat untuk memasang genteng di atap rumah), fungsi kayu reng ini adalah untuk membuat kerangka pada box Jangkrik. Kayu reng banyak di jual di toko bangunan/toko kayu.

Untuk membuat dinding box maka dapat menggunakan triplek/plywood saja agar lebih hemat,jika ingin kualitas yang baik gunakan kayu jati,kalimantan,jabon 


Segera siapkan paku secukupnya (paku reng) dan (paku kecil), paku reng untuk merakit kerangka dan paku kecil untuk menempelkan triplek pada kerangka box.


Buat persiapan juga semen putih atau lem kayu, bahan ini di pakai untuk tutup celah di tiap-tiap pojok box Jangkrik supaya tidak ada lubang. 

Sediakan solasi/lakban yang berwarna coklat bening, umumnya di pakai untuk melakban kardus. Lakban coklat ini nanti bermanfaat untuk memplaster sisi atas box supaya Jangkrik tidak dapat merayap keatas serta keluar. Lakban type ini berbentuk licin hingga kaki Jangkrik tidak bisa menempuhnya.


Persiapan bahan setelah itu yaitu buat penutup di bagian atas box, penutup ini bisa memakai waring/jaring ikan. Peranan penutup ini yaitu menghindar binatang pemangsa untuk masuk kedalam box, ingat Jangkrik yaitu makanan istimewa binatang-banatang seperti cicak, tokek, tikus, kucing, ayam serta beda sebagainya. 

Diluar itu tutup waring ini tidak tutup box keseluruhannya, aliran udara tetaplah normal serta buat suhu stabil.

Setelah itu di butuhkan pecahan bambu yang telah di sisiki (di haluskan), bambu ini berperan jadi kerangka waring supaya kaku serta gampang di pakai untuk tutup box. 


Bahan paling akhir yaitu terpal/plastik tidak tipis untuk tutup kandang Jangkrik ketika suhu dingin, janganlah lupa terpal/plastik ini dibuatkan kerangka bambu supaya tutup gampang di pakai.
Janganlah lupa sediakan alat pertukangan seperti gergaji, palu, meteran, serta alat yang beda bila di butuhkan.

apabila semua bahan di atas sudah di dapatkan maka tidak perlu lama lagi,ukuran box jangkrik ini tergantung selera dan tentunya menyesuaikan dengan luas interior atau tempat kandang yang di perlukan .



penggunaan terpal untuk penutup box

cara membuat penutup/box jangkrik
Seperti pada poin no 3 di atas bahwa sebuah box membutuhkan penutup untuk melindungi jangkrik yang ada di dalam box dari para pemangsa,penutup box juga sangat penting karena sebagai pelindung jangkrik dari serangga lainnya Jangkrik bisa saja habis di makan, dan jika ada yang terlewatkan kemungkinan besar akan mati karena trauma, ingat jangkrik bisa hidup nyaman jika tempat sepi dan jauh dari kehidupan bitang lain. Dengan masuknya para binatang pemangsa tentunya akan membuat jangkrik stres dan pada akhirnya akan mati sehingga panen akan gagal di lakukan.

Tidaklah perlu berbelok belok, pertama sediakan satu waring yang seukuran dengan lubang mulut box, lalu kaitkan waring itu pada 3 bagian, langkah pengaitan bisa memakai bambu/kayu reng serta di pakukan pada box. Arti dari cuma 3 bagian saja yang di kaitkan yaitu bagian satunya untuk buka serta tutup box waktu di perlukan, seperti ketika berikan makan atau hal-hal lain. Bila step ini telah jadi masih tetap ada sekali lagi tutup yang kita perlukan, karna tutup ini dasarnya cuma untuk menghindar beberapa binatang pemangsa serta aliran udara saja. Setelah itu buat tutup jangkrik yang ke dua dengan bahan terpal/plastik tidak tipis, tetapi terlebih dulu buatkanlah satu kerangka persegi yang seukuran dengan box Jangkrik. Tutup ini bermanfaat untuk buat suhu hangat serta gelap, supaya jangkrik nyaman serta bisa bertumbuh dengan maksimum. Dengan persyaratan kandang serta penutup begini panen dari hasil budidaya jangkrik tentu bisa di kerjakan, tetapi pastinya dengan perawatan serta pemberian pakan yang pas.

untuk cara pembuatan saya kira anda sudah memahami tentang pembuatan box jangkrik atau kandang jangkrik

cara membuat media jangkrik di dalam box
Media hidup jangkrik dapat menggunakan TRE, bagi yang belum tahu apa itu TRE akan saya jelaskan. TRE adalah sebuah wadah telur yang di buat dari olahan bahan-bahan karton oleh pabrik, untuk budidaya jangkrik TRE sangat bagus untuk di gunakan sebagai media hidup, jangkrik akan menyukainya dan bersembunyi di celah-celah tumpukan TRE yang sudah kita buat. bentuk tree yang mempunyai ruang untuk telur sangat bagus untuk persembunyian jangkrik, dengan itu jangkrik merasa telah hidup di dalam bebas sehingga tidak mudah stres, bahkan rongga semakin lebar karena tre di tata di tumpuk antar kaki dan hasilnya akan membentuk banyak ruang.


penggunaan trey ayam

cara menata tre dalam box/kandang jangkrik
Langkah awal tentunya adalah mempersiapkan TRE itu sendiri, TRE bisa di dapatkan dari para penjual telur ayam.
Langkah ke dua adalah membersihkan TRE dari kotoran dan debu, lakukan penjemuran sebelum TRE di gunakan minimal 6 jam di bawah terik matahari langsung.
Langkah ke tiga setelah TRE bersih dari debu dan kotoran maka adalah melakukan setting untuk menata TRE dalam box jangkrik. Caranya dalah dengan menata TRE satu tingkat secara merata di seluruh dasar Box jangkrik.

cara perawatan dan pemberian pakan jangkrik  di dalam box

Pada tahap no 6 ini adalah tahap dimana faktor yang paling menentukan untuk sukses tidaknya cara ternak Jangkrik yang akan di jalankan. Di sini akan saya jelaskan bagaimana cara perawatan Jangkrik yang meliputi pemberian pakan dan minum dengan secara tepat dengan pemberian pakan yang tepat akan menghasilkan jangkrik berkualitas secara logika semakin panen jangkrik semin mempercepat semakin penghematan pakan
panen jangkrik biasanya umur 30 sampai 35 hari Selain pakan yang menjadi modal utama agar Jangkrik tumbuh optimal ada hal lain yang juga mempengaruhi yaitu faktor suhu kandang sendiri. Memang makanan memiliki peranan yang besar dalam pertumbuhan jangkrik namun suhu dan musim juga terlibat di dalamnya



voor ayam jenis 511

yang pertama pemberian konsentrat atau voo ayam 511

jenis pakn ini yang paling utama untuk menambah gizi atau nutrisi pada si jangkrik
Voor/Konsentrat adalah pakan utama Jangkrik, memang seharusnya untuk pakan Ayam, namun pakan buatan ini sangat di butuhkan oleh Jangkrik agar dapat tumbuh dengan optimal, dan sebaiknya voor yang di berikan adalah produk dari Phokpan dengan seri 511

daun pepaya


yang kedua pakan sayuran sebagai pakan pendamping
daun pepaya, batang pepaya ,gedebog,daun singkong,serta sawi putih kalau bisa jangan menggunakan sayuran yang terlalu banyak mengandung air karena jangkrik tidak bisa menampung kandungan air terlalu banyak

nah diatas merupakan pakan yang bisa di berikan ke jangkrik untuk memenuhi nutrisi,demian informasi dari saya semoga bermanfaat dan mendapatkan keuntungan yang di inginkan..