jenis makan jangkrik alam

jangkrik merupakan salah satu serangga yang sering di jadikan pakan burung ,ikan reptil dan lainnya. permintaan akan jangkrik semakin meningkat dengan naiknya peminat memelihara burung,ikan dan reptil

Sebelum membahas tentang beberapa macam pakan ternak jangkrik alam , ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis dan sifat bintang ini. Nama ilmiah jangkrik Gryllus Sp., termasuk dalam keluarga Gryllidae. Menurut catatan terdapat lebih dari 1000 spesies jangkrik yang hidup di daerah tropis.Di Indonesia, setidaknya sudah dikenal 100-an spesies jangkrik. Namun belum semuanya terpetakan secara lengkap. Jenis spesies yang banyak dipelihara untuk ternak jangkrik komersial adalah Gryllus mitratus dan Gryllus testaclus.
setelah mengenal beberapa macam spesies jangkrik kali ini saya akan membagikan beberapa macam pakan ternak jangkrik dari setelah menetas sampai dewasa
Agar Jangkrik dapat dipanen dengan umur yang singkat maka harus memperhatikan faktor suhu kandang dan makanan. Selain Makanan Jangkrik suhu ruangan sekitar juga mempunyai pengaruh yang besar karena juga dapat dipengaruhi oleh musim saat itu. Dibawah ini Makanan Jangkrik yang bagus untuk diberikan jika anda memelihara jangkrik.


voer ayam 



yang pertama untuk pakan jangkrik alam di antaranya di bawah ini :
1.Konsentrat Ayam/Voor ayam(makanan utama)
Sebaiknya Voor Ayam yang dipakai adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan, Semakin halus maka semakin bagus karena mudah dicerna. Kenapa memilih voor ayam 511? karena voor ini sudah kita pertimbangkan memiliki kandungan gizi paling cocok untuk makanan jangkrik, selain itu harganya juga masih dapat dijangkau untuk hasil paling bagus. Dari segi harga juga tidak telalu mahal juga tidak murah. Voor adalah makan wajib karena yang merupakan makanan utama yang mempercepat perumbuhan jangkrik. Jika anda ingin menggunakan konsentrat yang lain juga tidak apa2 misal pakan puyuh dan semacamnya namun untu pakan ikan(pelet) sebaiknya tetap dikasih campuran misal voor ayam/puyuh agar mempermudah pencernaan.


buah pepaya yang diiris iris

batang pepaya


gambas
sawi putih
daun pepaya muda

2.Sayuran/Hijauan(Makanan Pendamping)
Sayuran disini sedikit berbeda dengan yang diartikan untuk manusia, sayuran yang dimaksud adalah makanan pendamping atau yang mengandung air untuk pengganti minum. Kenapa harus dikasih sayur? karena dihabitat aslinya jangkrik memakan tumbuhan seperti krokot dan daun yang segar. Maka dalam Budidaya Ternak Jangkrik makanan pendamping berupa hijauan juga harus selalu menjadi menu utama.
Makanan Jangkrik Berupa Hijauan dapat berupa:
-Buah Pepaya Muda yang diiris tipis
-Daun Pepaya segar muda dan tua
-Pohon Pepaya diambil daging bagian dalam
-Daun Pisang
-gedebog pisang(hanya untuk tambahan)
-Daun Ketela
-Sawi Putih
-Gambas,dll

demikian informasi dari saya semoga bermanfaat, dengan rajin menambahkan vitamin ke jangkrik semakin singkat untuk memanenya.