solusi agar jangkrik tidak mudah lemas dan berujung kematian

 Jangkrik merupakan salah satu serangga yang sering dimanfaatkan orang sebagai pakan burung misalnya burung jalak, cendet, dan sebagainya. Terkadang kita sebagai peternak pemula belum tau cara merawat jangkruk dengan baik dan benar nah kali ini saya akan memberikan solusi agar jangkrik tidak mudah lemas dan mati atau di rubung semut.
 kali ini kami akan memberikan tips sederhana kepada sobat tentang bagaimana cara menyimpan jangkrik yang biasa kita jadikan sebagai ternak jangkrik.

 kebersihan kandang juga kunci paling utama kenyaman jangkrik


kandang jangkrik


solusi agar jangkrik tidak mudah mati :

  1. Pakailah wadah yang cukup besar supaya jangkrik tidak melompat-melompat. Jika memakai wadah/kotak kecil upayakan yang ada tutupnya supaya jangkrik tidak melompat keluar. (anda dapat membelikan di took-toko yang menjual perlengkapan burung).
  2. Berikanlah makanan didalam kotak jangkrik upayakan tidak terlampau banyak air yang terdapat didalamnya.
  3. Tempatkan di area kering serta tidak dingin, hal ini dikarenakan jangkrik rawan mati jika berada di tempat lembab.
  4. Pakai kapur semut sebagai pencegahan atas matinya jangkrik jika kita tempatkan kotak dibawah
box ternak jangkrik
 usahakan kandang ternakjangkrik bebas dari hama dan alinnya agr jangkrik tidak mudah diserang dan tidakmudah mati
 Disinilah aspek yang paling penting dalam budidaya jangkrik yaitu perawatan, karena dengan perawatan yang baik sangat besar kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Perawatan disini meliputi pemberian pakan, pengontrolan pakan dan predator, hingga menyesuaikan suhu kandang terutama saat perubahan cuaca.

Mulai dari pemberian pakan untuk jangkrik umur 1-7 hari diberi makanan wajib berupa voor ayam 511 yang dihaluskan dan diberi makanan pendukung berupa gambas atau sawi putih karena kedua makanan tersebut sangat empuk dan tidak memiliki banyak air namun sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan jangkrik.

Untuk umur jangkrik ini makanan harus diganti setiap hari habis tidak habis, ini bertujuan untuk menjaga kualitas makanan karena setelah satu hari pada umumnya makanan ini mulai layu dan dikhawatirka membusuk. Namun jika anda memiliki jangkrik yang lebih besar sisa makanan ini dapat anda berikan padanya.

Setelah jangkrik berumur kurang lebih seminggu hingga 10 hari dapat diberi makanan tambahan pengganti sawi putih dan gambas berupa pepaya muda yang diiris tipis juga dapat ditambahkan daun pepaya.
  Pakan tambahan ini diusahakan dipertahankan hingga jangkrik berumur sekitar 20 hari
Setelah itu jangkrik umur 20 hari keatas hingga panen dapat diberi makanan tambahan berupa daun singkong, pohon pepaya, daun pisang, gedebog pisang juga boleh namun jangan terlalu banyak

Yang perlu diperhatatikan dalam memberikan makanan adalah jika makanan sudah mulai membusuk atau terlalu layu harus segera disingkirkan untuk menjaga kebersihan kandang dan kesehatan jangkrik sendiri

demikian solusi dari kami semoga bermanfaat dalam menjalankan usaha ternak jangkrik harus ulet dan tlaten serta selalu menjaga kebersihan kandang .