Tips pemberian makanan jangkrik supaya kuat sampai besar

 Tips pemberian makanan jangkrik supaya kuatsampai besar


Sesudah menetaskan Telur Jangkrik saat ini waktunya pilih Makanan Jangkrik Yang Bagus untuk percepat perkembangan supaya memperoleh hasil yang maksimum. Karna didalam Budidaya Ternak Jangkrik makin cepat anda panen jadi juga akan makin bagus terkecuali menghemat saat anda sesungguhnya juga sudah menghemat cost berbentuk jumlah pakan yg tidak terlelu banyak bersamaan menambahnya usia jangkrik. 

Secara detail kami jelaskan kenapa dengan masa panen yang cepat maka pakan yang digunakan juga semakin irit? dan bukankah berat jangkrik tidak bisa maksimal kalau pakan jangkrik sedikit?

Pertama, Masa panen jangkrik sebenarnya bukan ditentukan oleh lamanya umur panen, namun lebih kepada masa fase pergantian kulit yang terakhir atau biasa disebut dengan jangkrik tlondo. Disini kita membahas tentang memilih makanan jangkrik untuk mempercepat pertumbuhan agar masa panen juga semakin cepat dan otomatis pakan yang dibutuhkan juga berkurang tidak terbuang karena proses pertumbuhan yang lambat. Yang pada umumnya jangkrik dapat dipanen sekitar umur 28-30hari dengan pakan yang baik dan perawatan yang bagus dapat dipanen dengan umur hanya 22-25hari saja. tentunya kita dapat menghemat pakan untuk 3 hari.

voer ayam

Kedua, Dengan umur jangkrik yang dapat dipersingkat tidak akan berpengaruh pada hasil panen yang berkurang dalam berat, namun justru berat jangkrik dapat menjadi maksimal karena dapat dicerna dengan baik tidak terbuang bersama kotoran. Sebaliknya jika pertumbuhan jangkrik lambat maka makanan yang setiap hari dikasih banyak yang terbuang sia-sia karena berubah jadi kotoran. Hal ini ditunjukan dari aktifitas jangkrik yang selalu makan namun tidak kunjung besar dan berganti kulit tidak secara bersamaan.



Agar Jangkrik dapat dipanen dengan umur yang singkat maka harus memperhatikan faktor suhu kandang dan makanan. Selain Makanan Jangkrik suhu ruangan sekitar juga mempunyai pengaruh yang besar karena juga dapat dipengaruhi oleh musim saat itu. Dibawah ini Makanan Jangkrik yang bagus untuk diberikan jika anda memelihara jangkrik



1. Konsentrat Ayam/Voor ayam(makanan utama)
Sebaiknya Voor Ayam yang dipakai adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan, Semakin halus maka semakin bagus karena mudah dicerna. Kenapa memilih voor ayam 511? karena voor ini sudah kita pertimbangkan memiliki kandungan gizi paling cocok untuk makanan jangkrik, selain itu harganya juga masih dapat dijangkau untuk hasil paling bagus. Dari segi harga juga tidak telalu mahal juga tidak murah. Voor adalah makan wajib karena yang merupakan makanan utama yang mempercepat perumbuhan jangkrik. Jika anda ingin menggunakan konsentrat yang lain juga tidak apa2 misal pakan puyuh dan semacamnya namun untu pakan ikan(pelet) sebaiknya tetap dikasih campuran misal voor ayam/puyuh agar mempermudah pencernaan.



2. Sayuran/Hijauan(Makanan Pendamping)
Sayuran disini sedikit berbeda dengan yang diartikan untuk manusia, sayuran yang dimaksud adalah makanan pendamping atau yang mengandung air untuk pengganti minum. Kenapa harus dikasih sayur? karena dihabitat aslinya jangkrik memakan tumbuhan seperti krokot dan daun yang segar. Maka dalam Budidaya Ternak Jangkrik makanan pendamping berupa hijauan juga harus selalu menjadi menu utama.
Makanan Jangkrik Berupa Hijauan dapat berupa:

    Buah Pepaya Muda yang diiris tipis
    Daun Pepaya segar muda dan tua
    Pohon Pepaya diambil daging bagian dalam
    Daun Pisang
    gedebog pisang(hanya untuk tambahan)
    Daun Ketela
    Sawi Putih
    Gambas,dll

ramuan kunyt , temulawak , kencur


3. pemberi ramuan herbal pada jangkrik agar kuat sampai besar ataupun mati
ramuan kering kunyit 1 kg, temulwak  kg  kencur 1 kg dihancurkan kasar lalu dipanaskan setelah kering di giling lalu dicampurkan pada bahan makanan jangkrik atau di campurkan pada voer jangkrik dengan perbandingan 300 gr : 100 kg voer
 ramuan basah kencur 250 gr temulawak 250 gr kunyit 250 gr lalu di kupas di cuci sampai bersuh setelah itu di blender sampai halus saring ambil sarinya
sari tersebut tambahkan air 1 liter lalu didihkan hinya menyusut tinggal 600 ml tunggu sampai dingin lalu semprotkan pada makan hijau dedaunan pada jangkrik

setelah di aplikasikan ramuan di atas mendapat keuntungan antara lain :
1. meningkatkan daya tahan jangkrik terhindar dari stres dan hama penyakit
2.menekan mortalitas selama ternak jangkrik
3.ramah lingkungan ,mengurangi bau kotoran  
4. kotoran lebih kering

demikian solusi dari kami tentang cara beternak jangkrik supaya cepat besar dan tidak mudah mati