Mengenali Jangkrik Yang Bagus dan Berkualitas

Trik Mengenali Jangkrik Yang Bagus dan Berkualitas

Budidaya jangkrik  nampaknya jadi kesempatan usaha yang mengundang selera. Peternak jangkrik bukan sekedar menuai faedah dari penjualan jangkrik dewasa jadi pakan burung atau ikan saja, namun dapat juga peroleh keuntungan dari jual telur jangkrik ke peternak yang lain.
Di market, untuk tiap-tiap kg telur jangkrik kalung dapat dihargai sampai Rp. 200 beberapa ribu. Sedang tiap-tiap kg telur jangkrik alam atau sliring dapat dihargai sampai Rp. 300 beberapa ribu. Keuntungan yang besar tersebut yang mendorong beberapa orang mulai melirik usaha budidaya jangkrik.




Ternak Jangkrik

Bila Anda akan beli atau pilih telur jangkrik, terlebih dulu ketahui tanda-tanda telur jangkrik yang berkwalitas baik supaya terlepas dari kerugian. Telur jangkrik yang berkwalitas bagus, umumnya dapat dikenali dari warna, bentuk ataupun usia telur itu.


Ciri-ciri Telur Jangkrik yang Berkualitas Baik 

Jangkrik bermata satu


1.Warna telur jangkrik berkwalitas baik

Telur jangkrik yang berkwalitas baik serta masih tetap berusia 6 sampai 7 hari, dapat dikenali dari warnanya yang cerah, putih atau kuning serta agak mengkilat.
Sedang telur yang berkwalitas bagus serta siap ditetaskan atau ada dalam kondisi tua, juga akan berwarna kecoklatan serta mempunyai tanda mirip titik mata didalam telur. Bila telur jangkrik terlihat kusam serta berwarna kehitaman, hal tersebut mengisyaratkan kalau telur itu berkwalitas jelek.


2.Bentuk telur jangkrik yang berkualitas

Telur yang berkwalitas bagus dapat juga diliat dari bentuk serta ukurannya. Telur jangkrik yang berkembang dengan baik serta ada dalam umur yang cukup saat dipisahkan dari media pasir, mempunyai bentuk bulat memanjang dengan ujung telur yang tumpul. Dalam satu wadah, ukurannya juga terlihat seragam, gemuk serta diisi.Jauhi pilih telur yang terlihat kempis serta mempunyai ukuran tidak sama keduanya karna dapat disebutkan telur itu mutunya kurang bagus. Sedang telur yang masih tetap berupa lancip mengisyaratkan kalau telur itu belum juga cukup masak saat dipisahkan dari pasir. Telur yang belum juga masak umumnya membutuhkan perlakuan spesial seperti diperamkan sepanjang 3 sampai 5 hari untuk mematangkan telur itu.


3.Umur telur jangkrik yang baik

Karna telur yang masih tetap muda belum juga ada berbentuk yang maksimal, kadang-kadang peternak ataupun konsumen telur jangkrik terasa kesusahan untuk membedakan pada telur yang berkwalitas baik serta jelek. Satu diantara langkah untuk membedakannya yaitu dengan mencermati umur telur itu sejak di keluarkan dari induknya. Telur yang ada dalam kondisi maksimal untuk ditetaskan yaitu telur yang berusia 8 hari mulai sejak jangkrik itu bertelur.



Jika hendak mengirim telur tersebut ke pembeli di luar kota, sebaiknya perhitungkan pula lamanya perjalanan agar telur yang dikirim tidak terlalu muda tapi juga tidak terlalu tua. Telur yang masih terlalu muda ketika dikirim, menyebabkan waktu penetasan menjadi lebih lama. Sedangkan telur yang terlalu tua menyebabkan daya tetas juga menurun dan rentan menetas di perjalanan.Untuk pengiriman jarak jauh, sebaiknya pilih telur yang masih berusia 5 hingga 6 hari dengan estimasi lamanya perjalanan 3 hari. Jika jarak lokasi pembeli hanya berselang 24 jam, Anda bisa memilih telur jangkrik yang sudah memiliki titik mata di ujung telur dan berusia 7 hingga 8 hari.


Itulah beberapa ciri telur jangkrik yang berkualitas baik. Kenali ciri-ciri tersebut ketika mengamati dan memilih telur jangkrik serta kombinasikan dengan langkah penetasan yang tepat agar telur bisa menetas dengan sempurna sehingga Anda terhindar dari kerugian.Demikian dan informasi dari saya semoga bermanfaat dan lancar dalam berbisnis ternak jangkrik..