Skip to main content

Trik Ternak Jangkrik Bagi Pemula

Trik Ternak Jangkrik Bagi Pemula


Jangkrik dalam bahasa latin (Gryllidae) adalah jenis serangga yang unik memiliki suara khas dan aktif dimalam hari, kini dibudidaya oleh masyarakat karena semakin berkembangnya zaman Jangkrik menjadi penopang perekonomian rakyat sebab dapat dijual sebagai pakan Burung Kicau. Ada beberapa macam jangkrik yang dibudidaya diantaranya jangkrik kalung madu sliring alam upo aduan genggong gangsir putih yang pada umumnya semua untuk pakan burung. Cara budidaya hewan jangkrik jenis sliring dan kalung berbeda dengan jangkrik aduan, indukan yang digunakan juga berbeda biasanya jangkrik aduan langsung didapat dari alam.

Trik Ternak Jangkrik Bagi Pemula


Artikel yang saya bagikan kali ini adalah mengenai langkah demi langkah tata cara budidaya jangkrik untuk peternak pemula dan pemasarannya dimana mereka masih sangat minim pengetahuan tentang Pemeliharaan Jangkrik. Meskipun demikian bagi anda yang sudah mahir dalam Beternak Jangkrik juga tidak ada salahnya mempelajari artikel  caraternakjangkrik, karena ilmu itu tidak ada batasnya, mana yang kita anggap baik ya kita gunakan yang kurang baik bisa untuk referensi saja. Metode yang digunakan dalam budidaya jangkrik sangat beragam, ada yang menggunakan cara tradisional modern dengan media ember media pasir dengan kardus dan triplex namun intinya yang praktis dan sederhana terutama dalam skala kecil rumahan.


Langkah pertama yang dilakukan setiap Peternak Jangkrik adalah mempersiapkan lokasi kandang untuk ternak jangkrik, karena lokasi ternak sangat menentukan hasil akhir. Jadi lokasi kandang termasuk faktor utama yang harus diperhatikan oleh peternak jika ingin sukses dalam Lokasi kandang penangkaran jangkrik ini dapat berupa gubuk yang dibuat khusus atau memanfaatkan pekarangan rumah maupun ruangan kosong dalam rumah. Sekali lagi keputusan dalam memilih lokasi sangat berpengaruh selama pemeliharaan berlangsung, intinya anda harus merancang kandang yang sesuai dengan lingkungan hidup Jangkrik. Dari pengalaman kami kandang yang bagus dirancang khusus hanya untuk memelihara Jangkrik dan tidak menumpang dihalaman  atau di ruangan kosong. Namun dihalaman rumah maupun ruangan kosong pun tidak apa-apa dipakai asalkan memenuhi kriteria lingkungan hidup jangkrik.


ternak jangkrik bagi pemula

Selanjutnya jika anda lokasi kandang sudah ditentukan maka saatnya mendesain/membuat kandang budidaya jangkrik ternak jangkrik, mulai dari menata lokasi hingga membuat kandang ternak jangkrik yaitu box yang terbuat dari triplex/plywood, bambu, kardus, aluminium. Lalu mempersiapkan media lainnya yang digunakan untuk Memelihara Jangkrik nantinya, seperti TRE bekas wadah telur ayam yang sudah tidak terpakai namun masih utuh. TRE ini fungsinya adalah sebagai media hidup/rumah Jangkrik setelah menetas dikotak yang telah dibuat sebelumnya. Untuk kandang budidaya jangkrik sendiri harus dibuatkan penutup yang digunakan untuk mengatur kelembaban didalam box. Tutup yang dipakai ada 2 lapis yaitu berupa waring/jaring ikan dan plastik/terpal yang rapat. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yaitu waring untuk mencegah predator masuk seperti cicak dan tokek sedangkan plastik/terpal untuk menjaga kelembabannya.. Dan yang terakhir adalah botol AQUA bekas yang besar dipotong -+ 10cm untuk wadah kaki-kaki box diisi dengan cairan oli bekas, fungsinya agar semut tidak naik dan masuk kedalam box.


Dibawah ini akan kami bagikan artikel Tentang ternak  Jangkrik  bagi pemula mulai dari persiapan pembuatan kandang jangkrik hingga panen, insya allah lengkap berdasarkan pengalaman dari kami. Secara garis besar urutan langkah-langkah untuk memulai Beternak Jangkrik dapat anda lihat dibawah ini:

  •     Menentukan lokasi Kandang Jangkrik yang tepat
  •     Pembuatan kandang ternak jangkrik/rumah tempat memelihara jangkrik
  •     Membuat kotak pemeliharaan/BOX
  •     Membuat penutup box
  •     Mempersiapkan media hidup jangkrik berupa tre bekas wadah telur
  •     Pakan utama berupa voor/konsentrat ayam pokhpan 511(recomended) yang dihaluskan
  •     Pakan pendukung untuk masa awal berupa pepaya muda, gambas, sawi putih(sedikit). nb.pakan dapat ditambah dengan kedebog pisang, daun pepaya, daun singkong,daun pisang, pohon pepaya setelah umur 10 hr keatas(makanan recomended)
  •     Terakhir untuk tambahan diusahakan makanan diatas ada untuk mendapatan hasil yang bagus, selanjutnya tinggal menunggu panen.(JANGAN KAGET KALAU MAKANAN JANGKRIK TIDAK SEDIKIT)!.

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan