Trik Ternak Jangkrik Bagi Pemula

Trik Ternak Jangkrik Bagi Pemula


Jangkrik dalam bahasa latin (Gryllidae) adalah jenis serangga yang unik memiliki suara khas dan aktif dimalam hari, kini dibudidaya oleh masyarakat karena semakin berkembangnya zaman Jangkrik menjadi penopang perekonomian rakyat sebab dapat dijual sebagai pakan Burung Kicau. Ada beberapa macam jangkrik yang dibudidaya diantaranya jangkrik kalung madu sliring alam upo aduan genggong gangsir putih yang pada umumnya semua untuk pakan burung. Cara budidaya hewan jangkrik jenis sliring dan kalung berbeda dengan jangkrik aduan, indukan yang digunakan juga berbeda biasanya jangkrik aduan langsung didapat dari alam.

Trik Ternak Jangkrik Bagi Pemula


Artikel yang saya bagikan kali ini adalah mengenai langkah demi langkah tata cara budidaya jangkrik untuk peternak pemula dan pemasarannya dimana mereka masih sangat minim pengetahuan tentang Pemeliharaan Jangkrik. Meskipun demikian bagi anda yang sudah mahir dalam Beternak Jangkrik juga tidak ada salahnya mempelajari artikel  caraternakjangkrik, karena ilmu itu tidak ada batasnya, mana yang kita anggap baik ya kita gunakan yang kurang baik bisa untuk referensi saja. Metode yang digunakan dalam budidaya jangkrik sangat beragam, ada yang menggunakan cara tradisional modern dengan media ember media pasir dengan kardus dan triplex namun intinya yang praktis dan sederhana terutama dalam skala kecil rumahan.


Langkah pertama yang dilakukan setiap Peternak Jangkrik adalah mempersiapkan lokasi kandang untuk ternak jangkrik, karena lokasi ternak sangat menentukan hasil akhir. Jadi lokasi kandang termasuk faktor utama yang harus diperhatikan oleh peternak jika ingin sukses dalam Lokasi kandang penangkaran jangkrik ini dapat berupa gubuk yang dibuat khusus atau memanfaatkan pekarangan rumah maupun ruangan kosong dalam rumah. Sekali lagi keputusan dalam memilih lokasi sangat berpengaruh selama pemeliharaan berlangsung, intinya anda harus merancang kandang yang sesuai dengan lingkungan hidup Jangkrik. Dari pengalaman kami kandang yang bagus dirancang khusus hanya untuk memelihara Jangkrik dan tidak menumpang dihalaman  atau di ruangan kosong. Namun dihalaman rumah maupun ruangan kosong pun tidak apa-apa dipakai asalkan memenuhi kriteria lingkungan hidup jangkrik.


ternak jangkrik bagi pemula

Selanjutnya jika anda lokasi kandang sudah ditentukan maka saatnya mendesain/membuat kandang budidaya jangkrik ternak jangkrik, mulai dari menata lokasi hingga membuat kandang ternak jangkrik yaitu box yang terbuat dari triplex/plywood, bambu, kardus, aluminium. Lalu mempersiapkan media lainnya yang digunakan untuk Memelihara Jangkrik nantinya, seperti TRE bekas wadah telur ayam yang sudah tidak terpakai namun masih utuh. TRE ini fungsinya adalah sebagai media hidup/rumah Jangkrik setelah menetas dikotak yang telah dibuat sebelumnya. Untuk kandang budidaya jangkrik sendiri harus dibuatkan penutup yang digunakan untuk mengatur kelembaban didalam box. Tutup yang dipakai ada 2 lapis yaitu berupa waring/jaring ikan dan plastik/terpal yang rapat. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yaitu waring untuk mencegah predator masuk seperti cicak dan tokek sedangkan plastik/terpal untuk menjaga kelembabannya.. Dan yang terakhir adalah botol AQUA bekas yang besar dipotong -+ 10cm untuk wadah kaki-kaki box diisi dengan cairan oli bekas, fungsinya agar semut tidak naik dan masuk kedalam box.


Dibawah ini akan kami bagikan artikel Tentang ternak  Jangkrik  bagi pemula mulai dari persiapan pembuatan kandang jangkrik hingga panen, insya allah lengkap berdasarkan pengalaman dari kami. Secara garis besar urutan langkah-langkah untuk memulai Beternak Jangkrik dapat anda lihat dibawah ini:

  •     Menentukan lokasi Kandang Jangkrik yang tepat
  •     Pembuatan kandang ternak jangkrik/rumah tempat memelihara jangkrik
  •     Membuat kotak pemeliharaan/BOX
  •     Membuat penutup box
  •     Mempersiapkan media hidup jangkrik berupa tre bekas wadah telur
  •     Pakan utama berupa voor/konsentrat ayam pokhpan 511(recomended) yang dihaluskan
  •     Pakan pendukung untuk masa awal berupa pepaya muda, gambas, sawi putih(sedikit). nb.pakan dapat ditambah dengan kedebog pisang, daun pepaya, daun singkong,daun pisang, pohon pepaya setelah umur 10 hr keatas(makanan recomended)
  •     Terakhir untuk tambahan diusahakan makanan diatas ada untuk mendapatan hasil yang bagus, selanjutnya tinggal menunggu panen.(JANGAN KAGET KALAU MAKANAN JANGKRIK TIDAK SEDIKIT)!.