Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

Dalam beternak jangkrik, tentunya diperlukan kotak – kotak penampungan yang difungsikan buat pelihara jangkrik. Kotak ini juga mesti dibedakan pada penetasan, pembesaran serta penangkarannya. Dikarenakan seandainya semua jadikan satu, pengembangbiakan jangkrik dapat tidak berhasil lantaran jangkrik punya karakter kanibalisme di mana jangkrik besar dapat memakai jangkrik yang lebih kecil.

Buat buat kotak penetasan ini dapat tidaklah susah. Anda cuma cukup sediakan media pengembangbiakan jangkrik serta makanan yang diperlukan untuk jangkrik. Buat lebih jelasnya, simak keterangan dibawah ini.

Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik
Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

1. Kotak penetasan jangkrik 

Kotak penetasan jangkrik merupakan kotak yang difungsikan buat menetaskan telur – telur jangkrik yang di produksi oleh induk jangkrik. Dalam sistem penelurannya, anda dapat memanfaatkan sistim tradisional dengan segera mengawinkan jangkrik didalam kotak, atau dapat juga dengan sistim tabur.

Dalam kotak penetasan ini, mengusahakan agar buat membuatnya dalam ukuran besar. Kira-kira dapat menyimpan sampai 80000 jangkrik. Sterilkan dari masalah serangga lain lebih-lebih semut yang senang memakai telur jangkrik.

Sepanjang sistem penetasan, selamanya cermati kelembapan serta suhu media dalam kotak penetasan. Selagi media mulai jadi kering, semprot dengan kabut air dengan cara lembut. Kelembapan yang diperlukan buat telur jangkrik supaya menetas merupakan 65-80%, sedang suhunya pada 24-26%. (Langkah teranyar : anda bungkus telur jangkrik dengan kain serta letakkan di dalam kotak kandang jangkrik buat merawat kelembapan telur jadi hasil penetasan nya optimal)

2. Kotak pembesaran

Sehabis telur – telur jangkrik menetas, tentu anak jangkri itu butuh di besarkan. Nah, buat membesarkannya, kita perlu kotak sendiri atau yang umum dimaksud dengan kotak pembesaran.

Buat kotak pembesaran, seharusnya untuk lebih dari satu kotak buat di isi jangkrik sesuai sama umurnya. Jadi tiap-tiap jangkrik menjangkau usia khusus, mereka dapat dipindahkan ke kotak yang tambah besar. Hal semacam ini punya tujuan supaya jangkrik yang besar tdk memakai saudaranya yang lebih kecil.

Idealnya, kotak pembesaran minimal punya lebar 240 cm, panjang 120 cm, serta tinggi 100 cm. Dengan ukuran ini, kotak dapat menyimpan 70000 sampai 100000 ekor jangkrik. (seandainya dikalkulasi 1000 ekor sama seperti 1 kg)

Jangkrik yang disimpan di kotak pembesarannya ini seharusnya jangkrik yang berumur dibawah 30 hari. Diatas itu, jangkrik mesti selekasnya dipindahkan ke kotak penangkaran lebih luas serta dengan ventilasi hawa lebih lebar. Janganlah lupa juga buat selamanya berikan konsumsi makanan yang cukup pada kotak pembesaran lantaran anak jangkrik riskan mati apabila lagi tengah kelaparan.

3. Kotak Penangkaran

Kotak penangkaran merupakan tempat di mana jangkrik ditangkar serta dipelihara sebelum saat dipasarkan atau diberikan pada hewan peliharaan. Buat kotak ini, sebetulnya cukup fleksibel. Tiada ketentuan baku terkait ukuran, dan lain-lain. Yg mutlak luas serta cukup buat pelihara banyak jangkrik, dan punya ventilasi yang lebar buat jangkrik.

Desainnya juga dapat sesuai dengan selera serta ekonomi anda. Ada kotak yang disusun dengan cara horizontal, bertingkat, ataupun berjajar. Anda juga dapat mendesain kotak penangkaran ini supaya gampang dipindahkan.

Ada juga bahan – bahan yang diperlukan buat buat kotak penangkaran misalnya kayu dengan ketebalan khusus, papan triplek, kasa strimin (buat ventilasi), kayu usuk, paku triples, oli sisa atau dapat juga memanfaatkan minyak tanah, cawan (buat wadah oli).

Buat membuatnya, anda perlu perabotan seperti berikut, Gergaji buat memotong kayu serta tripleks sesuai sama ukuran, meteran buat mengukur kayu, triplek, dan kasa, penggaris buat buat sketsa pemotongan pada kayu serta triplek, palu, gunting buat memotong kasa, pensil atau spidol buat berikan sinyal pada kayu serta triplek.

sumber : http://www.caraternakjangkrik.com/2014/10/pingin-berhasil-dalam-beternak-jangkrik-ikuti-tips-berikut-ini.html