Skip to main content

Jangkrik Panggang, Cemilan Alternatif Kaya Nutrisi


Serangga kelihatannya mulai dilirik sebagai bahan pangan alternatif yang kaya protein, zat besi, kalsium serta lemak. Serta hal semacam ini, kelihatannya sebagai kesempatan menarik untuk penduduk di Gunung Kidul. Dengan support salah satunya produsen cemilan dari negara Inggris, penduduk disana meningkatkan atau menghasilkan bermacam olahan cemilan atau cemilan dari jangkrik. Atau lebih tepatnya jangkrik panggang.

Buat menarik pembeli, jangkrik panggang ini bahkan juga didatangkan dalam lebih dari satu pilihan rasa, seperti rasa jeruk nipis serta cabai. Meskipun terdengar aneh, nyatanya cemilan enteng ini cukup disukai banyak orang serta menarik kesukaan banyak pembeli.

Seandainya Anda tertarik buat mencicipi jangkrik panggang, tidak usah jauh-jauh terbang ke Inggris, Anda juga dapat bikin sendiri jangkrik panggang, cemilan alternatif kaya nutrisi yang murah serta sesuai sama lidah orang Indonesia ini.

Jangkrik Panggang, Cemilan Alternatif Kaya Nutrisi
Jangkrik Panggang, Cemilan Alternatif Kaya Nutrisi

TERNAK JANGKRIK

Kandungan Nutrisi Jangkrik

Sebelum saat mulai bikin jangkrik panggang, alangkah lebih baik Anda jelas terlebih dulu beraneka kandungan gizi dari jangkrik ini.

Menurut kajian dari Kampus HKBP Nommensen Porlak Nommensen, jangkrik punya kandungan protein yang lebih tinggi dari udang, daging sapi serta ayam, bahkan juga menjangkau 50, 02%.

Tidak cuman itu, jangkrik baik buat perkembangan anak lantaran punya kandungan protein omega 3, 6 serta 9 dan baik wanita lantaran punya kandungan hormon estrogen jumlah 259, 535 ppm serta hormon progesteron jumlah 105, 49 ppm.

Jangkrik berfaedah juga buat menaikkan stamina badan lantaran tiap-tiap gramnya sanggup membuahkan kekuatan jumlah 4, 87 kalori.

Sebetulnya terdapat banyak lagi kandungan dari jangkrik yang baik untuk badan seperti senyawa asam amino, glutation (GSH) serta kandungan yang lain yang butuh dikaji seterusnya biar jangkrik dapat difungsikan dengan cara terbaik.

BUDIDAYA JANGKRIK

Langkah Membuat Jangkrik Panggang

Rata-rata orang memanfaatkan larva serangga atau ulat sebagai bahan masakan. Namun, kesempatan ini kita dapat bikin cemilan dari serangga ialah jangkrik hidup yang rata-rata dapat Anda peroleh di kios penjual makanan burung.

Sebelum saat mulai memasak, terlebih dulu kita sediakan beberapa bahan yang diperlukan buat bikin jangkrik panggang.

Bahan yang diperlukan :

  1. Jangkrik yang masihlah hidup lebih-lebih tentukan jangkrik yang bulunya belum tumbuh. Jangkrik rata-rata dipasarkan dalam grup ons, tetapi kesempatan ini cukup beli seharga Rp. 3000, - saja.
  2. Garam atau penyedap rasa sesuai sama selera sebagai taburan penambah rasa sehabis jangkrik masak.

Sesudah beberapa bahan itu di siapkan mulai sistem pemrosesan bikin jangkrik panggang.

Langkah bikin jangkrik panggang :

1. Sebelum saat diproses, jangkrik mesti dibikin bersih terlebih dulu dengan buang kaki-kakinya. Anda juga dapat buang kakinya sehabis jangkrik dipanggang.

2. Jangkrik yang udah dibikin bersih selanjutnya disusun diatas loyang serta atur biar tdk sama sama tindih.

3. Panasi oven sampai suhu 200 derajat selanjutnya panggang jangkrik yang sudah di siapkan diawalnya. Panggang sepanjang 60 menit pada suhu rendah hingga jangkrik nyata-nyata kering atau crispy.

4. Sesudah 45 menit, buka oven buat periksa tingkat kekeringan jangkrik. Apabila jangkrik masihlah nampak basah, masukan kembali dalam oven serta panggang sampai nyata-nyata kering atau nampak renyah.

5. Sesudah masak, mengeluarkan jangkrik serta dinginkan.

6. Bersihkan jangkrik dari kaki-kaki yang masihlah melekat (seandainya ada) selanjutnya simpanlah dalam suatu wadah.

7. Taburkan bumbu penyedap rasa atau garam dalam wadah serta aduk sampai rata.

8. Nah, jangkrik panggang udah jadi serta siap disantap sembari minum teh atau sembari lihat acara tv hoby.

Sekian langkah bikin jangkrik panggang, cemilan alternatif kaya nutrisi yang murah serta enteng di buat oleh barang siapa. Apakah anda pengen coba?.

Referensi Bacaan : http://www.caraternakjangkrik.com/2016/08/langkah-ternak-jangkrik-buat-pemula.html

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan