Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan

Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan

Waktu mengawali usaha ternak jangkrik, ada banyak langkah yang dapat kita jalankan buat mendapatkan bibit jangkrik unggulan. Tidak cuman mencari indukan dari alam, kita juga dapat beli calon indukan yang siap bertelur atau beli anakan buat jadikan bibit.

Langkah mendapatkan bibit jangkrik unggulan dengan beli calon indukan yang siap bertelur dapat di sebutkan sebagai langkah yang paling cepat membuahkan telur jangkrik. Namun, Anda mesti jeli selagi pilih indukan jangkrik buat diternakkan. Salah pilih indukan dapat menyebabkan fatal buat keberlangsungan usaha budidaya jangkrik yang Anda rintis.

Di bawah ini ada banyak tips pilih induk jangkrik unggulan yang dapat Anda pakai waktu akan mencari indukan jangkrik buat usaha Anda.

Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan
Tips Memilih Induk Jangkrik Unggulan

Tips Pilih Induk Jangkrik Unggulan dalam Usaha TERNAK JANGKRIK


1. Pilih calon induk jangkrik segera dari alam.

Apabila amat mungkin putuskan indukan jangkrik yang di tangkap dari alam. Indukan jangkrik tipe ini di percayai lebih tahan penyakit serta lebih agresif dikarenakan jadi biasa hidup di luar tempat.

Berlainan dengan calon indukan jangkrik hasil pembiakan atau penangkaran yang jadi biasa hidup didalam tempat jadi ketahanan tubuhnya tak sebagus jangkrik yang di ambil segera dari alam.

Tapi, apabila induk jangkrik alami sukar ditemui, Anda dapat beli indukan jangkrik hasil penangkaran yang banyak dipasarkan di toko toko penyedia pakan burung.

2. Pilih calon indukan yang sehat serta berkualitas

Waktu pilih calon indukan jangkrik, yakinkan kalau indukan jangkrik itu punya fisik yang sehat, tak punya cacat, punya anggota tubuh yang masih tetap komplit, ukuran badannya besar, bulu serta badannya berwarna hitam mengkilap serta antenanya masih tetap panjang.

Tidak cuman itu, cermati juga gerakan jangkrik itu. Jangkrik yang sehat punya gerakan yang gesit serta lompatannya jauh.

3. Membedakan jangkrik betina serta jangkrik jantan

Buat pilih indukan jangkrik yang unggulan, Anda harus jelas ketaksamaan pada jangkrik betina serta jangkrik jantan.

Jangkrik betina punya ovipositor yang bermanfaat keluarkan telur memiliki ukuran besar di sisi ekornya jadi nampak punya 3 helai ekor, tak berderik dan punya permukaan punggung yang lebih halus.

Sedang jangkrik jantan cuma punya dua helai ekor dikarenakan tak punya ovipositor, permukaan punggungnya bergelombang serta nampak lebih kasar dan keluarkan nada derik yang keras.

4. Perhatikan usia indukan

Usia indukan jangkrik yang ideal buat jadikan indukan yaitu lebih kurang 10-20 hari. Jangkrik berumur 10-20 hari dinilai udah siap buat bertelur.

5. Seandainya mengambil indukan dari penangkaran, tentukan yang betina saja

Waktu menentukan buat beli indukan jangkrik dari satu penangkaran, tentukan indukan jangkrik betina saja. Janganlah mengambil indukan jantan dari tempat penangkaran yang sama juga dengan indukan betinanya.

Apabila Anda pilih indukan betina serta jantan dari satu tempat penangkaran yang sama, dikuatirkan bakal membuahkan keturunan yang abnormal.

Gabungan paling baik waktu pilih indukan jangkrik unggulan tidak cuman menjodohkan jangkrik yang datang dari alam dengan jangkrik penangkaran ialah dengan beli satu tipe indukan jangkrik dari peternak lain.

6. Menjodohkan lebih dari satu indukan betina buat satu induk jantan

Buat satu ekor indukan jangkrik jantan dapat mengawini lebih dari satu ekor jangkrik betina. Oleh karena itu, sistem penjodohan calon indukan yang ideal yakni dengan memakai perbandingan 10 : 2 buat indukan jangkrik betina serta jangkrik jantan.

Sebagai contoh, Anda butuh sediakan 3 sampai 4 calon indukan betina buat satu ekor indukan jangkrik jantan.

7. Pilih indukan yang datang dari spesies yang sama

Jangkrik cuma dapat dikawinkan dengan jangkrik lain dari satu spesies yang sama. Apabila spesies jangkrik jantan serta jangkrik betina berlainan, jadi bakalan tidak berjalan perkawinan.

Tersebut lebih dari satu tips pilih induk jangkrik unggulan yang dapat Anda cobalah waktu akan beli indukan jangkrik. Mudah-mudahan bermanfaat.

sumber : http://www.caraternakjangkrik.com/