Skip to main content

Ternak Jangkrik Bekasi

Halo warga Bekasi. . . 
Gimana nih kabarnya? semoga selalu bahagia yeess

Pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas mengenai cara mudah ternak jangkrik di daerah Bekasi dan sekitarnya.

Tahukah anda, penghobi kicauan burung sudah merambah sampai kepelosok desa di negeri ini. Para penghobi kicauan burung ini rela mengeluarkan uang untuk kesehatan dan keindahan burung peliharaan mereka.
Ternak Jangkrik Bekasi
Ternak Jangkrik Bekasi

Salah satu pakan utama untuk mendukung hobi mereka adalah jangkrik. Kandungan protein dari jangkrik ini sangat baik untuk burung kicauan. Bagi anda yang lagi bingung dengan ide usaha, maka bisnis ternak jangkrik merupakan suatu solusi nyata untuk anda.

Setiap tahunnya permintaan jangkrik cenderung meningkat, bukan hanya dipasok ke daerah-daerah melainkan sudah menjadi komoditas ekspor. 
Berikut ini beberapa langkah cara ternak jangkrik.
Ternak Jangkrik Bekasi

1. Membuat Kandang Penangkaran Jangkrik
Kandang untuk penangkaran jangkrik biasanya terbuat dari papan tripleks dengan ukuran 60 cm x 120 cm dengan tinggi berkisar antara 30-50 cm. Ukuran ini tidak baku, karena sesuai dengan pengamatan, berbagai macam ukuran kandang yang digunakan oleh para peternak jangkrik.

Lebih baik mengikuti ukuran triplek yang di dapatkan, jadi anda mudah dalam membuat kerangkanya dan tidak banyak memotong tripleks. Jangan lupa, setiap kandang harus diberi kaki agar gangguan semut bisa dihindari dengan memberi oli atau greas pada bagian kaki kandang.

Sisi bagian dalam kandang diberi lakban yang bertujuan agar jangkrik tidak merayap keluar. Sebagai tempat berlindung untuk jangkrik, maka didalam kandang diberi dedaunan semisal daun pisang, daun tebu kering, rak telur atau daun sukun. Dedaunan ini disamping untuk bersembunyi dan menjaga kelembapan, juga sebagai pakan untuk jangkrik tersebut.
Ternak Jangkrik Bekasi

Tempatkan kandang ditempat yang teduh, karena jangkrik dalam habitat aslinya menyukai tempat yang teduh dan lembab. Oh iya, jangan lupa bagian dalam kandang di lumuri dengan tanah liat, ini bertujuan agar nantinya kandang jangkrik mirip dengan habitat aslinya.

Untuk menutupi lubang yang terdapat didalam kandang, tanah liat juga bisa dimanfaatkan.
Desain kandang seharusnya bisa difungsikan sebagai penetasan dan pembesaran. Caranya, desainlah kandang dengan sekat yang bisa dicabut, jika dalam proses penetasan sekat ini terpasang dan pada proses pembesaran sekatnya bisa dicabut.
Ternak Jangkrik Bekasi

Langkah selanjutnya adalah memilih telur jangkrik yang berkualitas, ciri-cirinya sebagai berikut:
  • Pertama Telur jangkrik yang berkualitas baik dan berumur 6 hingga 7 hari, bisa dikenali dari warnanya yang cerah, putih atau kuning dan agak mengkilat. Sedangkan telur yang berkualitas bagus dan siap ditetaskan atau berada dalam keadaan tua, akan berwarna kecoklatan dan memiliki tanda menyerupai titik mata di dalam telur. Jika telur jangkrik tampak kusam dan berwarna kehitaman, hal itu menandakan bahwa telur tersebut berkualitas buruk.
  • Ukuran telur jangkrik memiliki bentuk bulat memanjang dengan ujung telur yang tumpul. Dalam satu wadah, ukurannya pun tampak seragam, gemuk dan berisi.
Ternak Jangkrik Bekasi
Untuk mendapatkan telur jangkrik dengan kualitas terbaik seperti ciri-ciri diatas, nyarinya dimana tidak usah jauh-jauh ya gess, kalian tinggal menghubungi wa 085648030909

Setelah telur jangkrik didapatkan, langkah selanjutnya adalah menetaskan telur jangkrik.
Perlu anda ketahui, jangkrik betina bisa bertelur tanpa dibuahi. Jangkrik akan meletakkan telurnya di media yang lembab. Akan semakin besar seiring berjalannya waktu dan akan berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan.
Ternak Jangkrik Bekasi

Yang perlu anda perhatikan jika media tempat bertelur jangkrik basah atau terkena air hujan, maka telur akan gagal menetas begitupun jika medinya terlalu kering.

Wadah penetasan telur jangkrik diisi dengan pasir yang sudah disterilkan. Caranya di sangrai tanpa menggunakan minyak, kemudian disemprotkan air secukupnya agar menjadi lembab.
Tunggulah hingga 2 sampai 3 hari, maka wadah ini siap untuk digunakan. Masukkanlah indukan jangkrik sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan di atas.
 
Ternak Jangkrik Bekasi
Selanjutnya pemberian pakan jangkrik
Masa panen jangkrik yang telah menetas biasanya tergantung dari masa pergantian kulit. Rata-rata umur jangkrik untuk fase pergantian kulit adalah berkisar antara 28 hingga 30 hari.
Jika pemberian pakan maksimal, maka percepatan proses pergantian kulit hanya membutuhkan waktu antara 22 sampai 25 hari saja. Nah berikut pakan yang cocok untuk diterapak pada jangkrik ternakan.

Pakan Utama
Voor 511 mempunyai kandungan gizi yang sangat cocok untuk jangkrik. Cara pemberiannya dihaluskan terlebih dahulu, semakin halus semakin baik untuk pencernaannya. Untuk pakan yang lain, bisa juga Anda menggunakan pakan ikan tapi sebaiknya di campur sedikit dengan voor ayam atau puyu.

Pakan Tambahan
Jangkrik juga harus memakan pakan tambahan agar kesehatannya terjamin layaknya seorang manusia. Contoh pakan tambahan untuk jangkrik adalah pepaya muda, batang pepaya bagian dalam, daun pisang, daun singkong, sawi putih, gambas, daun tebu kering dan sebagainya.   

 Link Video:

Ternak Jangkrik Bekasi

Ternak Jangkrik Bekasi

Ternak Jangkrik Bekasi

Ternak Jangkrik Bekasi

Ternak Jangkrik Bekasi

Jangan lupa gess, untuk beli telur jangkrik dengan kualitas super, dijamin menetas 98% dan pengiriman aman, langsung saja hubungi 085648030909 

Atau bisa langsung menggunkan lapak jualan online kami pada situs 














Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan