Skip to main content

Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

Cara Beternak Jangkrik yang gampang dan tidak ribet? yah, ternak jangkrik merupakan suatu komoditi dan jenis usaha yang cukup menjanjikan bagi para pecinta jangkrik dan burung, usaha ternak jangkrik adalah sebuah peluang usaha yang beberapa tahun lalu sempat booming ini sempat redup, tetapi bukan tidak mungkin anda tidak bisa menangkap peluang usaha ternak jangkrik bukan? 

Peluang usaha ternak jangkrik bagus untuk dikembangkan mengingat dengan sering orang mengadakan lomba burung, karena jangkrik juga merupakan pakan burung itu. Harga jual jangkrik sendiri mulai Rp 40.000 sampai dengan Rp 50.000 perkg nya. Coba anda bayangkan kalau kita bisa memproduksi 100kg jangkrik, bisa dihitung berapa hasilnya ... Rp 5 juta/bulan. waw lumayan kan ya?...
Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar
Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

budidaya jangkrik sendiri minim kelemahan atau resikonya, karena keberhasilannya bisa 90%. Keberhasilan dalam penetasan dan pembesaran jangkrik juga sama-sama 90%, asalkan anda merawat jangkrik dengan sungguh-sungguh dan dalam pemberian pakan jangkrik tidak mengalami keterlambatan.

Persyaratan lokasi untuk budidaya atau beternak jangkrik
1. Lokasi budidaya harus tenang, teduh dan mendapat sirkulasi udara yang baik
2. Lokasi jauh dari sumber-sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya dan lain sebagainya
3. Tidak terkena sinar matahari secara langsung atau berlebihan
4. Bebas dari gangguan predator
5. Jauh dari kandang ayam
Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

Cara budidaya jangkrik sebagai berikut
1. Penyiapan Sarana dan Peralatan Kandang Jangkrik
Krena jangkrik biasa melakukan kegiatan malam hari, maka kandang jangkrik jangan diletakkan dibawah sinar matahari, jadi letakkan ditempat ynag teduh dan gelap. Untuk menjaga kondisi kandang yang mendakiti habitatnya, maka dinding kandang diolesi dengan lumpur sawah dan diberikan daun-daun kering seperti daun pisang, daun timbul, daun sukun dan daun-daun lainnya untuk tempat persembunyian disamping untuk menghindari dari sifat kanibalisme dari jangkrik. Dinding atas kandang bagian dalam sebaiknya dilapisi lakban keliling agar jangkrik tidak merayap naik sampai keluar kandang. Disalah satu sisi dinding kandang dibuat lubang yang ditutup kasa untuk memberikan sirkulasi udara yang baik dan untuk menjaga kelembapan kandang. Untuk ukuran kotak pemeliharaan jangkrik, tidak ada ukuran yang baku. Yang penting sesuai dengan kebutuhan untuk jumlah populasi jangkrik tiap kandang.

Kandang jangkrik biasanya berbentuk persegi panjang dengan ketinggian 30-50 cm, lebar 60-100 cm sedangkan panjangnya 120-200 cm. Kotak (kandang) dapat dibuat dari kayu dengan rangka kaso, namun untuk mengirit biaya, maka dinding kandang dapat dibuat dari triplek. Kandang biasanya dibuat bersusun, dan kandang paling bawah mempunyai minimal empat kaki penyangga. Untuk menghindari gangguan binatang seperti semut, tikus, cecak dan serangga lainnya, maka keempat kaki kandang dialasi mangkuk yang berisi air, minyak tanah atau juga vaseline (gemuk) yang dilumurkan ditiap kaki penyangga.

Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar
Setelah kandangnya selelsai dibuat, tahap selanjutnya 
2. Memilih telur jangkrik yang siap untuk dibudidayakan
Tentunya untuk memulai budidaya jangkrik anda perlu memilah-milah telur jangkrik yang berkualitas bukan? supaya jangkrik-jangkrik yang dihasilkan bisa berkembang dengan baik dan memiliki kualitas bagus.
Ciri-ciri telur jangkrik yang memiliki kualitas bagus dan siap untuk ditetaskan:
      A.  Warna telur jangkrik berkualitas baik
Telur jangkrik yang berkualitas baik dan masih berumur 6 hingga 7 hari, bisa dikenali dari warnanya yang cerah, putih atau kuning dan agak mengkilat.
Sedangkan telur yang berkualitas bagus dan siap ditetaskan atau berada dalam keadaan tua, akan berwarna kecoklatan dan memiliki tanda menyerupai titik mata di dalam telur.

Jika telur jangkrik tampak kusam dan berwarna kehitaman, hal itu menandakan bahwa telur tersebut berkualitas buruk.

      B.   Bentuk telur jangkrik yang berkualitas
Telur yang berkualitas bagus juga bisa dilihat dari bentuk dan ukurannya. Telur jangkrik yang berkembang dengan baik dan berada dalam usia yang cukup ketika dipisahkan dari media pasir, memiliki bentuk bulat memanjang dengan ujung telur yang tumpul. Dalam satu wadah, ukurannya pun tampak seragam, gemuk dan berisi.

Hindari memilih telur yang tampak kempis dan memiliki ukuran berbeda-beda satu sama lain karena bisa dikatakan telur tersebut kualitasnya kurang bagus.

Sedangkan telur yang masih berbentuk lancip menandakan bahwa telur tersebut belum cukup matang ketika dipisahkan dari pasir. Telur yang belum matang biasanya memerlukan perlakuan khusus seperti diperamkan selama 3 hingga 5 hari untuk mematangkan telur tersebut.
Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

      C.   Usia telur jangkrik yang baik
Karena telur yang masih muda belum berada dalam bentuk yang optimal, terkadang peternak maupun pembeli telur jangkrik merasa kesulitan untuk membedakan antara telur yang berkualitas baik dan buruk.

Salah satu cara untuk membedakannya adalah dengan mengamati usia telur tersebut semenjak dikeluarkan dari induknya. Telur yang berada dalam keadaan optimal untuk ditetaskan adalah telur yang berumur 8 hari sejak jangkrik tersebut bertelur.

Jika hendak mengirim telur tersebut ke pembeli di luar kota, sebaiknya perhitungkan pula lamanya perjalanan agar telur yang dikirim tidak terlalu muda tapi juga tidak terlalu tua. Telur yang masih terlalu muda ketika dikirim, menyebabkan waktu penetasan menjadi lebih lama. Sedangkan telur yang terlalu tua menyebabkan daya tetas juga menurun dan rentan menetas di perjalanan.

Untuk pengiriman jarak jauh, sebaiknya pilih telur yang masih berusia 5 hingga 6 hari dengan estimasi lamanya perjalanan 3 hari. Jika jarak lokasi pembeli hanya berselang 24 jam, Anda bisa memilih telur jangkrik yang sudah memiliki titik mata di ujung telur dan berusia 7 hingga 8 hari.
Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar
3. Cara Menetaskan Telur Jangkrik
Karena meskipun kita biarkan saja atau kita buang sekalipun telur jangkrik akan menetas dengan sendirinya. Berbeda dengan telur ayam yang harus dierami atau dibuatkan mesin penetas telur khusus yang diatur sesuai kondisi saat dierami agar dapat memproses telur hingga menetas hingga 100%. Untuk Menetaskan Telur Jangkik ada beberapa metode yang bisa dipakai seperti menggunakan media kain, pasir, koran, kardus, dan kelaras/daun pisang kering. Karena Telur Jangkrik dapat menetas secara alami maka yang perlu dilakukan adalah membuat agar kondisi tempat pemeliharaan seperti layaknya di alam bebas. Mulai dari suhu kelembaban dan gelap terang harus benar-benar diperhatikan. 
Berikut Video Cara Menetaskan telur jangkrik dengan benar:

Sebelumnya, untuk mendapatkan telur jangkrik dengan ciri-ciri kualitas terbaik diatas, kami menyediakan dengan harga termurah, langsung saja menghubungi nomor 085648030909
Pengiriman aman, cepat dan dijamin 98% menetas.
Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar

Ternak Jangkrik Biar Cepat Besar
Mimin Rasa sekian dulu informasi dari budidaya jangkrik madiun, semoga sukses gess...
kalau ada apa-apa dengan jangkrik anda, anda bisa langsung konsultasi dengan menghubungi nomor 085648030909

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:



Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

makanan jangkrik agar tidak mudah mati

nah kali ini saya akan memberi informasi pemberian makanan pada jangkrik agar tidak mudah mati dan terserah hama penyakit lainnya. setelah menetaskan telur jangkrik kini saatnya memilih makanan  jangkrik agar tidak mudah mati saat beternak Supaya Jangkrik bisa dipanen dengan usia yang singkat jadi harus memperhatikan faktor suhu kandang serta makanan. Tidak cuman Makanan. Jangkrik suhu ruang sekitaran juga memiliki dampak yang besar karna dapat juga di pengaruhi oleh musim waktu itu. Berikut ini Makanan Jangkrik yang bagus untuk diberi bila anda pelihara jangkrik : vorr ayam sebelum dihaluskan      vorr ayam jenis 511   1. Konsentrat Ayam/Voor ayam(makanan utama) Sebaiknya Voor Ayam yang dipakai adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan, Semakin halus maka semakin bagus karena mudah dicerna. Kenapa memilih voor ayam 511? karena voor ini sudah kita pertimbangkan memiliki kandungan gizi paling cocok untuk makanan jangkrik, selain itu harganya juga masih dapat dijangkau untuk

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan