cara menetaskan telur jangkrik dengan media pasir

 Cara menetaskan telur jangjrik dengan  beberapa media :
langkah Penetasan Telur Jangkrik sesungguhnya sangat gampang tidak membutuhkan perlakuan spesial seperti menetaskan telur ayam atau bebek serta unggas lainnya. Berikut mudahnya

media pasir


media pasir


1. Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media Pasir

  •     Siapkan telur jangkrik, baik telur jangkrik sendiri maupun telur jangkrik dari membeli di peternak jangkrik.
  •     Siapkan media pasir, sebelum digunakan pasir di ayak ataupun si saring hingga halus.
  •     Agar telur terhindar dari serangan penyakit dan parasit, ada baiknya pasir halus dicuci dan di jemur terlebih dahulu untuk lebih menyeterilisasi kondisi pasir sebulum digunakan untuk menetaskan telur jangkrik
  •     Siapkan wadah untuk menampung media pasirnya.
  •     Masukan media pasir kedalam wadah dengan ketebalan cukup hanya 2-3 cm saja.
  •     Taburkan telur jangkrik pada media pasir  dan tutup kembali dengan menggunakan media pasir tidak perlu terlalu tebal yang penting telur sudah tertutup.
  •     Masukkan wadak ke dalam kandang jangkrik khusus penetasan.
  •     Lakukan perawatan secara teratur dengan menyemprokkan air supaya kelembapan tetap terjaga namun jangan terlalu basah.
  •     Jika perawatan dilakukan secara intensif maka setelah 10 hari kemudian telur jangkrik akan menetas.

media kain


2.Dengan Media Kain.

Potong kain dengan Ukuran Sekitaran 25 cm * 25 cm, sesaat alat yang dipakai berbentuk wadah plastik untuk menempatkan kain dan semprotan air memiliki ukuran kecil.
mengenai langkah penetasannya yaitu seperti berikut :

Masukan satu sendok telur di bagian tengah kain lantas atur permukaannya supaya meratata.
Lipat semuanya bagian kain kebagian tengah dengan bertukaran dari mulai bagian kanan, kiri, atas serta bawah. janganlah menghimpit kain yang dilipat, biarlah agak longgar jadi jalan keluar untuk anak jangkrik yang menetas nanti.
Masukan kain diisi telur kedalam wadah plastik, lantas tempatkan wah plastik itu dalam Kotak/kandang.
Sepanjang telur belumlah ada yang menetas kerjakan penyemprotan air dengan teratur sehari-hari supaya kain tetaplah lembab.
Telur aka menetas sekitaran 3-6 hari, bergantung umur si telur
Sebelumnya telur menetas umumnya telur juga akan beralih warna jadi kuning kehitaman. untuk meyakinkan perubahan serta kondisi telur, kain di check sehari-hari sebelumnya disemprot dengan air.
Kain ditutup kembali sesudah kontrol.
 Jangkrik termasuk dalam ordo Orthoptera, yang berasal dari bahasa Yunani Orthos berarti lurus dan ptera berarti sayap. Sehingga Orthoptera dapat diartikan sebagai serangga yang bersayap lurus. Menurut Borror et al. (1992) bahwa jangkrik secara lengkap taksonominya adalah sebagai berikut:





Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara cepat menetaskan telur jangkrik dari media pasir dan kain dalam kesempatan kali ini. Untuk penerapannya, silahkan anda praktekkan dan kembangkan sendiri sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan anda masing-masing.