Skip to main content

cara menetaskan telur jangkrik dengan media pasir

 Cara menetaskan telur jangjrik dengan  beberapa media :
langkah Penetasan Telur Jangkrik sesungguhnya sangat gampang tidak membutuhkan perlakuan spesial seperti menetaskan telur ayam atau bebek serta unggas lainnya. Berikut mudahnya

media pasir


media pasir


1. Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media Pasir

  •     Siapkan telur jangkrik, baik telur jangkrik sendiri maupun telur jangkrik dari membeli di peternak jangkrik.
  •     Siapkan media pasir, sebelum digunakan pasir di ayak ataupun si saring hingga halus.
  •     Agar telur terhindar dari serangan penyakit dan parasit, ada baiknya pasir halus dicuci dan di jemur terlebih dahulu untuk lebih menyeterilisasi kondisi pasir sebulum digunakan untuk menetaskan telur jangkrik
  •     Siapkan wadah untuk menampung media pasirnya.
  •     Masukan media pasir kedalam wadah dengan ketebalan cukup hanya 2-3 cm saja.
  •     Taburkan telur jangkrik pada media pasir  dan tutup kembali dengan menggunakan media pasir tidak perlu terlalu tebal yang penting telur sudah tertutup.
  •     Masukkan wadak ke dalam kandang jangkrik khusus penetasan.
  •     Lakukan perawatan secara teratur dengan menyemprokkan air supaya kelembapan tetap terjaga namun jangan terlalu basah.
  •     Jika perawatan dilakukan secara intensif maka setelah 10 hari kemudian telur jangkrik akan menetas.

media kain


2.Dengan Media Kain.

Potong kain dengan Ukuran Sekitaran 25 cm * 25 cm, sesaat alat yang dipakai berbentuk wadah plastik untuk menempatkan kain dan semprotan air memiliki ukuran kecil.
mengenai langkah penetasannya yaitu seperti berikut :

Masukan satu sendok telur di bagian tengah kain lantas atur permukaannya supaya meratata.
Lipat semuanya bagian kain kebagian tengah dengan bertukaran dari mulai bagian kanan, kiri, atas serta bawah. janganlah menghimpit kain yang dilipat, biarlah agak longgar jadi jalan keluar untuk anak jangkrik yang menetas nanti.
Masukan kain diisi telur kedalam wadah plastik, lantas tempatkan wah plastik itu dalam Kotak/kandang.
Sepanjang telur belumlah ada yang menetas kerjakan penyemprotan air dengan teratur sehari-hari supaya kain tetaplah lembab.
Telur aka menetas sekitaran 3-6 hari, bergantung umur si telur
Sebelumnya telur menetas umumnya telur juga akan beralih warna jadi kuning kehitaman. untuk meyakinkan perubahan serta kondisi telur, kain di check sehari-hari sebelumnya disemprot dengan air.
Kain ditutup kembali sesudah kontrol.
 Jangkrik termasuk dalam ordo Orthoptera, yang berasal dari bahasa Yunani Orthos berarti lurus dan ptera berarti sayap. Sehingga Orthoptera dapat diartikan sebagai serangga yang bersayap lurus. Menurut Borror et al. (1992) bahwa jangkrik secara lengkap taksonominya adalah sebagai berikut:





Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara cepat menetaskan telur jangkrik dari media pasir dan kain dalam kesempatan kali ini. Untuk penerapannya, silahkan anda praktekkan dan kembangkan sendiri sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan anda masing-masing.

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan