Skip to main content

Ternak Jangkrik dengan Kardus

Cara ternak jangkrik didalam kardus merupakan salah satu langkah yang tepat bagi anda yang ingin menjadi wirausaha. Bisa kalian ketahui sendiri bahwa jangkrik ini merupakan salah satu jenis serangga yang sering kita jumpai sebagai makanan burung.

Serangga ini biasa dijual pada tempat-tempat yang menjual berbagai jenis makanan burung yang dipelihara. Melihat mereka berdagang jangkrik di nilai dari dua sudut pandang, ada yang menganggap tidak cukup menguntungkan.
 
Ternak Jangkrik dengan Kardus
Ternak Jangkrik dengan Kardus
 Akan tetapi ternyata, di satu sudut pandang lainnya hal ini cukup menginspirasi. Namun, untuk budidaya jangkrik ini sendiri bisa dibilang juga tidak mudah karena memang ada beberapa hal yang mungkin perlu mendapatkan perhatian khusus, salah satu contohnya yakni dalam segi perawatannya agar bisa berkembang dengan maksimal.

 Nah, bagi Anda yang ingin mencoba budidaya jangkrik, berikut ini 10 Cara Budidaya Jangkrik yang Mudah bagi pemula.

Cara ternak Jngkrik di Kardus 
1. Cara membuat kandang jangkrik
Sebelum anda memulai bisnis untuk budidaya jangkrik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kandangnya terlebih dahulu. Percuma saja kan kalau jangkrik bisa berkembang dengan pesat, namun kandang yang digunakan sebagai tempat tinggal tidak bisa maksimal.
Bahan yang digunakan untuk membuat kandang ini bisa dari kayu atau triplek, kemudian di ukur terlebih dahulu sesuai dengan kapasitas Jangkrik yang tersedia. Setelah itu kita potong dan bentuk pola sebagaimana rumah jangkrik pada umumnya. Ukurannya sendiri bisa kita sesuaikan, misalnya jangkrik yang ada 4000 ekor, maka kandang yang diperlukan berukuran 100cm x 60cm x 30cm.
 
Ternak Jangkrik dengan Kardus
2. Cara Menentukan Lokasi yang Tepat untuk Jangkrik
Lokasi untuk ternaak jangkrik sebenarnya bisa dimanapun. Baik di halaman atau di dalam rumah bisa saja asalkan tidak menghilangkan jati diri jangkrik yang hidup di dalam. Lokasi yang tepat tersebut adalah suasana yang tenang, tempat yang teduh sehingga tidak terkapar matahari serta memiliki sirkulasi udara cukup baik.

3. Cara Memilih Bibit (Indukan Jangkrik) yang Benar
Untuk menghasilkan generasi jangkrik yang baik maka Anda juga harus memilih bibit yang benar. Pastikan indukan sehat dan tidak cacat. Adapun ciri-ciri induk yang sehat adalah; Mempunyai sungut yang masih panjang dan lengkap, kedua kaki belakang lengkap, bulu serta badan masih berwarna hitam mengkilap.

4. Cara Mmemberikan Perawatan pada Bibit Jangkrik
Karena tujuan utama adalah budidaya jangkrik, maka memberikan perawatan yang terbaik menjadi hal yang wajib. Jika kita sudah memulai usaha ini, sering-seringlah memeriksan kelembaban udaranya dan binatang penganggu seperti tikus, semut, cicak, dsb. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan yang tepat, contohnya saja seperti singkong, ubi, sayuran hingga dedaunan lainnya.
 
Ternak Jangkrik dengan Kardus
5. Cara Melakukan Sistem Pengembangbiakan
Saat ini Pengembangbiakan jangkrik dilakukan dengan cara mengkawinkan jangkrik betina dan jantan. Meski begitu untuk bertelurnya akan ada yang secara alami dan juga caesar jika tidak memungkinkan untuk keluar secara normal karena adanya beberapa gangguan.

Jual Telur Jangkrik
Kualitas Super
Harga Termurah 
Hubungi 085648030909
6. Cara Menetaskan Telur Jangkrik 
Cara menetaskan telur jangkrik juga harus dilakukan dengan benar. Proses ini harus dilakukan pada sebuah kotak khusus penetasan. Kotak khusus ini bisa terbuat dari kayu, kardus maupun beberapa bahan lainnya. Penetasan 2500 telur sampai dengan 3000 diperlukan kotak dengan ukuran panjang 50cm lebar 30cm dan tinggi 20cm.

7. Cara Perawatan Nimfa (Anak Jangkrik)
Ketika jangkrik telah menetas, Anda harus melalkukan perawatan ekstra terhadap nimfa tersebut. Hal ini karena nimfas yang baru menetas lebih sensitif dengan lingkungan. Masa pemeliharaan pada nimfas umumnya selama 10 hari. Apabila Anda tidak melakukan pemeliharaan otomatis populasi nimfas juga akan menyusut pastinya.
 
Ternak Jangkrik dengan Kardus
8. Cara Pemeliharaan dan Pembesaran pada Jangkrik
Tujuan utama dari budidaya jangkrik adalah memperbanyak populasi jangkrik jika dibandingkan dengan jumlah sebelumnya. Maka langkah yang pasti adalah dengan memelihara nimfas hingga benar-benar menjadi jangkrik dewasa. Selama proses tersebut Anda juga tidak bisa sembarangan cara.
Nimfas yang sudah di pelihara selama 10 hari bisa Anda pindahkan ke dalam kotak atau kandang pembesaran. Ukuran yang paling umum adalah kandang sebesar 100 cm × 60 cm × 30 cm yang mana bisa menampung jangkrik dengan kapasitas 4000 ekor. Jangan lupa untuk memberikan makanan bergizi karena hal tersebut adalah komponen terpenting. Berikan makanan seperti pelet maupun sayuran.
 
Ternak Jangkrik dengan Kardus
9. Cara Mencegah Hama dan Penyakit pada Jangkrik
Hama menjadi salah unsur perusak. Kalau tidak segera di cegah, hama akan merusak semua jangkrik yang telah Anda kembangkan. Hama-hama pada jangkrik tersebut meliputi ular, katak, semut, cicak, dan tikus. Cara mencegahnya dengan mengolesi minyak tanah, oli, atau bisa juga kapur ajaib pada kaki-kaki kandang supaya hama tidak mendekat.

10. Cara Panen Jangkrik pada Masa yang Terbaik
Memanen jangkrik tidak bisa sembarangan. Bukan karena populasi jangkrik membesar dan banyak, Anda bisa dengan mudah memanen. Masa terbaik untuk memanen jangkrik adalah pada saat berumur 35 – 40 hari. Cara panennya juga harus hati-hati agar jangkrik tidak terluka atau cacat.

Itulah 10 Cara Ternak Jangkrik di Kardus yang bisa Anda aplikasikan. Selain untuk berwirausaha, kegiatan budidaya jangkrik juga bisa menjadi salah satu hobi yang bisa di lakukan oleh semua kalangan. 

Jual Telur Jangkrik
Kualitas Super
Harga Termurah 
Hubungi 085648030909


Link Video:

 
Ternak Jangkrik dengan Kardus

Ternak Jangkrik dengan Kardus

Ternak Jangkrik dengan Kardus

Ternak Jangkrik dengan Kardus

Ternak Jangkrik dengan Kardus

 

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link: 
 
 

                                                                                                                                     


Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan