Ternak Jangkrik di Bali

Hewan angkrik yang mempunyai nama latin Gryllidae ini adalah jenis serangga yang mempunyai suara khas dan aktif di malam hari. Budidaya jangkrik menjadi tren peternakan murah dan mudah. Tren ini berkembang karena kebutuhan jangkrik sangatlah tinggi.
Ternak Jangkrik di Bali
Ternak Jangkrik di Bali

Jenis jangkrik yang diternakkna antara lain jangkrik kalung, jangkrik madu, dan jangkrik seliring. Untuk jenis jangkrik aduan biasanya didapat dari alam. Kali ini ratu jangkrik akan membahas tentang langkah-langkah cara ternak jangkrik untuk pemula. Untuk sobat yang sudah pernah beternak jangrkik, juga tak ada salahnya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dikolom komentar dibawah.
Ternak Jangkrik di Bali

Dalam ternak jangkrik, beberapa metode yang digunakan antara lain cara tradisional dengan media ember dan tong. Ada yang sudah membuat box jangkrik dari triplrk untuk ebternak jangkrik. Ada pula yang membuat box jangkrik dari kardus dengan alasan kepraktisan.

1. Persiapkan lahan lokasi kandang
Lokasi kandang jangkrik adalah faktor yang sangat penting. Dengan lokasi yang baik, maka ternak jangkrik akan gampang menemui kesuksesan. Lokasi gudang jangkrik dapat berupa gubuk atau kandang yang dipersiapkan sebelumnya. Selain tu, dapat juga memanfaatkan bagian rumah yang kosong dan tidak terpakai.

Rancanglah kandang sesuai dengan lingkungan hidup jangkrik. Cari tempat yang teduh, tenang dan jauh dari predator pemangsa jangkrik.
Ternak Jangkrik di Bali

2. Persiapan Box atau kotak pembesaran jangkrik
Setelah menemukan lokasi kandang, selanjutnya adalah membuat kotak jangkrik. Sobat perlu membuat box jangkrik untuk tempat pembesaran jangkrik. Kotak jangkrik dapat terbuat dari kardus, triplek, plywood. Sedangkan rangka kotak jangkrik dapat terbuat dari bambu, kayu reng maupun alumunium.

3. Persiapkan media tempat sembunyi jangkrik
Untuk membesarkan jangkrik, selain membutuhkan kotak pembesaran, juga dibutuhkan media tempat sembunyi jangkrik. Di dalam box jankrik perlu di beri eggtray ataupun klaras sebagai tempat untuk jangkrik bersembunyi. Eggtray atau klaras ini pilihlah yang masih baru atau steril dari bintang hama jangkrik seperti semut, laba-laba kecil maupun ngengat atau kumbang.
Ternak Jangkrik di Bali

4. Persiapkan tutup kotak jangkrik agar hewan pengganggu tidak masuk
Agar hewan predator tidak masuk box, maka diperlukan tutup box jangkrik yang bagus. Selain itu, tutup box juga berfungsi untuk menjaga kelembaban dan mengatur suhu didalam box.
Tutup box terbuat dari rangka kayu yang diberi jaring ikan ataupun kawat kasa dan plastik hitam atau terpal yang rapat. Jaring ikan atau kawat kasa berfungsi untuk mencegah tikus, cicak dan tokek masuk kedalam box jangkrik. Sedangkan untuk menjaga kelembaban dan suhu diperlukan tutup terbuat dari plastik tebal.
 
Ternak Jangkrik di Bali
5. Menghalau semut dan cicak agar tidak masuk ke dalam box
Agar jangkrik terbebas dari hama semut, kaki box jangkrik harus diberikan oli. Caranya yaitu dengan meletakkan wadah atau mangkok yang berisi oli di masing-masing kaki box. 

6. Membeli telur jangkrik untuk ditetaskan 
saat semua langkah sudah dijalankan, sobat hanya perlu membeli telur jangkrik untuk mengawali peternakan jangkrik skala kecil yang akan anda rintis. Belilah telur jangkrik di tempat yang terpercaya bisa menyiapkan telur jangkrik berkualitas. Kangjamal sudah dikenal sebagai penjual telur jangkrik yang siap mengirim telur jangkrik ke seluruh indonesia. 

Link Video:
Ternak Jangkrik di Bali


Ternak Jangkrik di Bali


Ternak Jangkrik di Bali


Ternak Jangkrik di Bali


Ternak Jangkrik di Bali


Ternak Jangkrik di Bali