Skip to main content

Ternak Jangkrik Hasil Maksimal

Halo gaish, siapa sih disini yang tidak kenal Jangkrik,,,
Jangkrik adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang hanya dihasilkan oleh cengkerik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya.
 
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal
Tren ternak jangkrik menjadi suatu pilihan bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Kisaran harga jangkrik kini telah mencapai Rp80.000- Rp 90.000/Kg.

Tentu saja hal ini semakin meyakinkan banyak pengusaha ternak untuk merambah bidang usaha yang satu ini. Ditambah, kebutuhan akan suplai jangkrik semakin hari semakin meningkat sebab berbagai faktor di antaranya tren ternak burung dan aneka unggas.

Bisnis ternak jangkrik banyak dilirik sebab cara ternak jangkrikterbilang mudah untuk dilakukan. Bermodalkan bibit, kandang dan pakan yang murah dan mudah didapatkan, Anda sudah bisa memulai usaha ternak jangkrik rumahan yang berpotensi mendatangkan keuntungan bisnis yang meriah.

Dalam budidaya ternak jangkrik, ada setidaknya lima tahap yang harus Anda pahami agar usaha ternak jangkrik Anda berjalan lancar dan efisien secara waktu, tenaga dan biaya operasional.
 JUAL TELUR JANGKRIK
KUALITAS SUPER BAGUS
DIJAMIN MENETAS 100%
HUBUNGI 085648030909
 
Tahap-tahap tersebut adalah penyiapan kandang, pembibitan, perkawinan, penetasan telur dan pembesaran,  perawatan, dan ditutup dengan masa panen. Tahap-tahap ini harus kita pahami dengan baik untuk mencapai hasil panen jangkrik yang berkualitas baik dengan kuantitas yang besar.
 
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal
Hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang. Ada dua tipe kandang, yaitu kandang pembibitan dan kandang pembesaran.
Penyiapan lokasi kandang jangkrik harus dilakukan dengan membuat habitat yang mirip dengan habitat asli jangkrik di alam bebas. Hal ini dilakukan agar jangkrik tidak merasa stress dan mampu menghasilkan anakan yang sehat dan banyak.     

Persyaratan lokasi kandang jangkrik sebagai berikut:
  1. Lokasi harus tenang dan teduh.
  2. Sirkulasi udara baik.
  3. Tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  4. Kandang terbuat dari tripleks atau plywood, menggunakan kaki-kaki yang diberi wadah potongan botol plastik berisi oli bekas. Hal ini untuk menghindarkan dari serbuan semut dan predator lain
  5. Dinding kandang diolesi lumpur sawah untuk membuat jangkrik merasa hidup di habitat aslinya.
  6. Pemberian media hidup jangkrik yang sesuai dan menyerupai habitat alami yaitu karpet telur atau disebut juga TRE. Karpet telur disusun bertumpuk untuk aktivitas jangkrik, seperti tidur dan bersembunyi. TRE harus dijemur kurang lebih 6 jam sebelum dipergunakan untuk membunuh kuman dan bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhan jangkrik.
  7. Penyediaan bak pasir untuk peneluran.
Indukan hasil tangkapan alam memiliki watak yang agresif sehingga proses reproduksi diharapkan dapat terjadi secara optimal.
Perlu diperhatikan, indukan jangkrik jantan dan betina harus berasal dari spesies yang sama, sebab jika dari spesies yang berbeda, perkawinan tidak bisa terjadi. Tempat perkawinan dilakukan di dalam kandang yang telah disiapkan dengan perbandingan jumlah jantan dan betina sebesar 2:10.

Jika Anda adalah seorang pemula dan ragu akan kemampuan mengawinkan jangkrik secara mendiri, Anda dapat langsung melakukan pembelian telur jangkrik untuk ditetaskan dan dibesarkan.
 
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal
Dalam beternak jangkrik, ada hal-hal yang harus dihindari sepanjang fase penetasan telur dan pembesaran. Hal-hal ini dilakukan untuk mencegah anakan jangkrik mengalami kematian yang berakibat gagal panen.
Secara umum, hal yang harus dihindari dalam pembesaran jangkrik adalah pemberian pakan segar dalam usia anakan yang terlalu muda. Anakan jangkrik harus mengonsumsi pakan ayam (voor) hingga usianya mencapai 10 hari, baru dapat mengonsumsi pakan segar.
 
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal
Selain itu, situasi yang bising dan paparan sinar matahari langsung juga dapat mengancam nyawa anakan jangkrik yang membutuhkan kelembaban dan ketenangan untuk dapat bertumbuh besar.
Perlakuan yang tepat dalam tahap penetasan telur dan pembesaran jangkrik adalah dengan pemisahan telur-telur dari indukan. Telur jangkrik akan menetas dalam waktu 7-10 hari setelah indukan bertelur, dan pemisahan harus dilakukan untuk mencegah indukan memakan telurnya sendiri.
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal
Anda harus memberikan sinar yang hangat di sepanjang fase penetasan dan pembesaran anakan jangkrik yang baru menetas untuk mencegah kematian anakan jangkrik.
Tahap terakhir dalam cara ternak jangkrikadalah masa panen. Masa panen jangkrik dilakukan setelah fase perawatan berjalan kurang lebih 1-1,5 bulan sejak menetasnya anakan jangkrik.
Dalam masa panen ini, dua hal yang bisa Anda nikmati adalah hasil dari jangkrik yang siap jual dan telur jangkrik sebagai bahan pembibitan berikutnya.
Itulah ulasan mengenai tahap dan cara ternak jangkrik yang bisa Anda pergunakan sebagai bekal untuk memulai usaha ternak jangkrik rumahan.
 JUAL TELUR JANGKRIK
KUALITAS SUPER BAGUS
DIJAMIN MENETAS 100%
HUBUNGI 085648030909

 Link Video:
  
 
Ternak Jangkrik Hasil Maksimal

Ternak Jangkrik Hasil Maksimal

Ternak Jangkrik Hasil Maksimal

Ternak Jangkrik Hasil Maksimal

Ternak Jangkrik Hasil Maksimal

Ternak Jangkrik Hasil Maksimal



Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:

Pembelian melaluis situs Tokopedia pada link:

Pembelian melalui situs Shopee pada link:



















 

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan