Skip to main content

Budidaya Jangkrik Cara Baru

Jangkrik adalah hewan yang tidak asing bagi masyarakat di Indonesia maupun di negara lainnya, sebab jangkrik adalah hewan yang mudah untuk berkembang biak, jangkrik juga adalah salah satu hewan yang sangat digemari oleh peternak burung kicau, maupun peternak ikan, sebab jangkrik merupakan salah satu pakan yang memiliki nutrisi yang cukup baik untuk kebutuhan perkembangbiakan hewan itu sendiri.

Apalagi jangkrik cukup menjanjikan untuk dijual belikan dengan harga kisaran 90.000/kg, padahal untuk modal perkembangbiakan jangkrik tidak seberapa besar, namun memang butuh tempat yang cukup dan strategis.
Budidaya Jangkrik Cara Baru
Budidaya Jangkrik Cara Baru

Berikut ini adalah cara budidaya jangrkik yang perlu anda ketahui:
1. Mempersiapkan lokasi kandang jangkrik
Hal pertama kita harus mempersiapkan lokasi yang strategis sebab tempat adalah salah satu yang harus di siapkan dengan sebaik mungkin, karena jangkrik salah satu hewan yang menyukai dengan suasana yang menyerupai dengan habitat aslinya dengan suasana sunyi, tidak terlalu ramai, dan tidak terkena sinar matahari langsung, lokasi juga sebaiknya jauh dari kandang ayam, ataupun dengan hewan ternak lainnya, dengan seperti ini kita sudah bisa membuat langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan kandang jangkrik.

2.  Mempersiapkan Kandang Jangkrik
Setelah kita sudah selesai menyiapkan lokasi yang strategis maka kita dilanjutkan untuk membuat kandang jangkrik, untuk kandang jangkrik yang ideal kita bisa membuatnya dari papan ataupun dari triplek dengan mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
  • Siapkan kayu reng, kayu reng ini digunakan untuk pembuatan rangka bok atau kandang jangkrik.
  • Papan atau triplek, yang digunakan untuk dinding dan alas kandang jangkrik.
  • Waring atau jaring yang lubangnya tidak terlalu jarang, yang digunakan untuk penutup kandang sehingga predator pemakan jangkrik tidak bisa masuk.
  • persiapkan karpet bekas telur atau kardus, yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan rumah persembunyian jangkrik.
Budidaya Jangkrik Cara Baru
3. Mempersiapkan Telur Jangkrik
Jika anda masih pemula dan belum bisa untuk mengawinkan jangkrik, sebaiknya awalnya anda bisa membeli telur jangkrik yang siap ditetaskan. Ada banyak penjual telur jangkrik via online maupun melalui teman yang sudah terbiasa mencari telur jangkrik, dan pastikan anda membeli pada penjual yang terpercaya dan memiliki kualitas telur yang baik.

4. Menetaskan Telur Jangkrik
Setelah kita mendapatkan telur jangkrik,  selanjutnya adalah memberikan perlakukan agar telur jangkrik cepat bisa menetas. Perlu kita ketahui, telur jangkrik akan menetas setelah 7-10 hari, terhitung sejak perkawinan. Maksimal 5 hari setelah induk betina bertelur. 

Pindahkan ke dalam kandang penetasan telur yang juga sekaligus pembesaran anakan. Warna telur yang telah dibuahi akan berubah dari bening menjadi keruh. Setelah 4-6 hari biasanya telur menetas. Masukan telur tersebut pada secarik kain agar tetap hangat. Untuk satu kandang besar bisa anda masukan 0,5 kg telur. Pada masa penetasan, kelembaban kandang harus terus dijaga dengan penyemprotan air, atau menutup kandang dengan karung goni basah. 
Budidaya Jangkrik Cara Baru

5. Memberikan Pakan Jangkrik
Setelah dilakukan perawatan telur tadi, maka telur akan menetas, hari-hari terakhir sebelum telur menetas sebaiknya pakan sudah diberikan di kandang anakan tersebut. Jangkrik yang baru menetas, berumur 1-15 hari diberikan pakan ayam, yang terbuat dari kacang kedelai, beras merah, dan jagung kering yang dihaluskan. Setelah lewat 15 hari, anakan jangkring bisa dikasih makan sayur-sayuran dan jagung muda. Selanjutnya pakan bisa ditambahkan singkong, mentimun atau ubi. 

6. Pemeliharaan Rumah Jangkrik
Kandang jangkrik juga perlu dirawat. Perawatan kandang jangkrik dilakukan agar kebersihan kandang selalu terjaga.  Selain itu kelembaban kandang juga harus selalu terjaga. Pastikan juga pakan selalu tersedia, karena jangkrik adalah salah satu hewan kanibal dan akan kanibal jika kelaparan apabila pakan tidak tersedia.

Usahakan  kita selalu mengontrol dan membuang makanan yang tidak habis, jangan sampai membusuk di dalam kandang. Kandang yang baru dibuat sebaiknya dicuci dahulu, jangan sampai masih berbau vinil bila terbuat dari tripleks. Caranya, lumuri permukaan kandang dengan lumpur sawah dan dijemur hingga kering.

Selalu periksa air yang ada pada mangkuk atau kaleng pada kaki-kaki kandang. Tambah atau ganti bila air sudah sedikit atau air sudah mulai mengental ditakutkan hewan lain seperti semut atau predator lain bisa masuk. Cairan yang digunakan bisa air, minyak tanah, atau jenis cairan lain yang bisa mencegah hewan predator lain masuk ke dalam kandang.  
 
Budidaya Jangkrik Cara Baru
7. Pemanenan Jangkrik
Setelah kita merawat jangkrik selama sebulan atau lebih, maka kita sudah bisa memanen jangkrik. Ada dua hasil yang bisa kita peroleh, telur dan jangkrik dewasa. Telur jangkrik biasanya dijual lebih mahal dari jangkrik itu sendiri. Telur biasanya dijual kepada para peternak jangkrik pembesaran. jangan khawatir untuk pemasaran atau penyaluran hasil budidaya jangkrik ini, dikarnakan dinegara kita indonesia yang tercinta ini banyak sekali masyarakat yang cinta atau memelihara burung kicau, sehingga anda bisa menjualnya ke pengecer pakan burung dan ikan.

Bagaimana? apakan anda tertarik dengan budidaya jangkrik ini, apalagi cara perawatan jangkrik sangat simpel dan mudah sehingga tidak terlalu merepotkan untuk kegiatan lainnya.  Disini kami juga menjual telur jangkrik untuk memulai usaha budidaya jangkrik anda, pengiriman aman dijamin 98% menetas, langsung saja hubungi 085648030909, untuk lebih jelasnya kami akan menyampaikan lewat video singkat dari kami:

Link Video:
 
Budidaya Jangkrik Cara Baru

Budidaya Jangkrik Cara Baru

Budidaya Jangkrik Cara Baru

Budidaya Jangkrik Cara Baru

Budidaya Jangkrik Cara Baru

Budidaya Jangkrik Cara Baru

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:


Pembelian melaluis situs Tokopedia pada link:


Pembelian melalui situs Shopee pada link:


 
 

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan