Skip to main content

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Jangkrik meruakan serangga yang dimanfaatkan dalam kondisi hidup sebagai pakan alami burung kicau, umpan untuk memancing ikan, dan pakan dalam budidaya ikan hias serta ikan konsumsi. Saat ini, pemanfaatan jangkrik semakin bertambah dengan mengolahnya menjadi aneka bentuk, seperti mengubahnya menjadi tepung yang selanjutnya diolah untuk bahan pembuatan makanan. obat-obatan atau kosmetik.
Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan
Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Produk Olahan Jangkrik
Seiring perkembangan dunia kuliner jangkrikpun ikut mengalami pergesaran. Yang semual untuk pakan burung dan ikan kini jangkrik dapat diolah menjadi berbagai kuiner seperti, sosis jangkrik, kerupuk jangkrik, aneka kue dan bahan campuran jangkrik.

Peluang Olahan Jangkrik
Olahan jangkrik berpeluang besar menjadi makanan dengan prospek untuk perbaikan gizi karena jangkrik memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini berpeluang berdasarkan data WHO masyarakat Indonesia protein hewani yang dikonsumsi masih rendah.

Olahan jangkrik selain tahan dalam waktu yang cukup lama untuk pengiriman memungkinkan untuk pemasaran yang lebuh luas. Apalagi ditunjang dengan pemahaman dunia online yang sedang gencar terutama dikalangan generasi milenial.
 
Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan
Mengapa memilih jenis jangkrik alam
Selama 5 tahun belakangan ini trend permintaan jangkrik alam meningkat dibandingkan dengan jangkrik kalung. Hal ini disebabkan ukuran jangkrik alam yang lebih kecil sehingga lebih cocok sebagai pakan untuk berbagai jenis burung kicau. Selain itu, jangkrik alam juga mengandung nutrisi yang memberikan efek lebih baik terhadap burung. Apabila sudah diberikan jangkrik alam biasanya burung menolak ketika diberikan jangkrik kalung. Karena itu, jangkrik alam merupakan jenis jangkrik yang banyak diternakkan diberbagai daerah sesuai besarnya permintaan.

Persiapan kandang dan lokasi
Bagian utama merupakan bangunan yang difungsikan sebagai pelindung kandang kotak dari hujan, sinar matahari, terpaan angin dan hama binatang. Bahan bangunan untuk penghemat bisa menggunakan bahan yang tersedia seperti untuk dinding bisa menggunakan bamboo dan untuk atap bisa menggunakan asbes dengan lantai palester semen.
 
Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan
Kotak budidaya jangkrik alam
Untuk kotak bisa menggunakan bahan kayu reng dan triplek dengan ukuran kotak 240x120x70 cm atau bisa menyesuaikan. Kandang kotak harus dilengkapi dengan tutup agar jangkrik tidak terbang dan terhindar dari hama. Untuk daerah yang dingin bisa ditambahkan lampu bohlam kuning berfungsi untuk menjaga suhu agar tetap hangat, satu kotak mampu menampung 250-300 gram telur jangkrik.

Egg Tray
Paper egg tray (keranjang telur kertas) adalah wadah yang terbuat dari bahan baku berupa kertas bekas atau kertas limbah yang biasanya digunakan di peternakan ayam petelur untuk menampung
hasil panen telur. Biasanya egg tray kertas hanya digunakan satu kali, kemudian tidak digunakan kembali

Daun pisang kering atau klaras
Selain egg tray, media budi daya lain yang dibutuhkan adalah daun pisang kering atau kelaras. Letakkan kelaras di sela-sela susunan egg tray atau di bagian atas susunan egg tray.
 
Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan
Pakan  
Pakan utama pada budi daya jangkrik, baik pembesaran ataupun pembibitan, bisa menggunakan pur atau pakan lengkap yang diproduksi untuk usaha peternakan ayam pedaging. Suplai cairan bagi jangkrik bisa diberikan melalui pakan hijauan, seperti sawi, kedebong pisang yang diiris tipis, batang daun tanaman eceng gondok, batang tanaman pepaya yang diiris tipis, dan rumput. Selain pakan hijauan, jangkrik juga bisa diberikan ampas tahu. Wadah pakan digunakan sebagai alas pakan berupa pur. Sementara itu, pakan hijauan biasanya diletakkan langsung di atas kelaras.

Hindari menggunakan wadah pakan yang terbuat dari plastik atau bahan licin lain yang membuat jangkrik tidak dapat berjalan di atasnya, sehingga tidak dapat mencapai pakan. 

Selanjutnya bagaimnana anda mencari telur jangkrik yang berkualitas baik? mudah kok, anda langsung saja menghubungi 085648030909.
Telur jangkrik kami berkualitas bagus, pengiriman cepat dan kami jamin aman 98% menetas. Berikut detail telur jangkrik kami:
Link Video:

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

Cara Ternak Jangkrik yang Menguntungkan

 

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan