Ternak Jangkrik Sederhana

Ternak jangkrik bisa dikatakan mudah dan sederhana dengan media yang ada disekeliling kita, dengan ini modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan pasti keuntungannya bisa beerlipat.

Ternak jangkrik yang paling sederhana adalah ternak jangkrik di dalam kardus. Gimana caranya?
Sebelumnya, jangkrik disini biasanya digunakan sebagai pakan hewan ternak. Jangkrik merupakan makanan yang sangat disukai oleh ikan, burung, dan unggas. Karena banyak mengandung protein, pakan berupa jangkrik ini dapat mempercepat pertumbuhan binatang yang diternakkan tersebut. Selain dipakai untuk keperluan sendiri, jangkrik juga bisa dijual ke para pengepul dengan harga yang cukup tinggi.
Ternak Jangkrik Sederhana
Ternak Jangkrik Sederhana

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakannya, catat langkah-langkah beternak jangkrik didalam kardus berikut ini:

1. Persiapkan Kandang
Anda bisa menggunakan kardus sebagai kandang untuk memelihara jangkrik.
Ukuran kardus yang ideal adalah 1,25 x 1,25 x 40-60 cm atau 2,25 x 1,25 x 40-60 cm. Jika anda kesulitan untuk menemukan kardus dengan ukuran tersebut, silahkan sambung beberapa lembar kardus menjadi satu. Dan daya tampung kardus ini bisa memuat telur jangkrik sebanyak 2-2,5 ons hingga 4-5 ons.

Selain itu bagian mulut kardus dilapisi dengan plaster lakban dengan lebar yang cukup agar jangkrik-jangkrik-jangkrik didalamnya tidak dapat melarikan diri. Letakan juga beberapa wadah telur karton (egg try) sebagai tempat persembunyian para jangkrik. Sedangkan tempat pakan jangkriknya bisa berupa potongan tripleks. Usahakan posisi kardus ini aman dari semut dan cicak. Anda bisa menutup bagian atasnya menggunakan kain atau kawat kasa.
Ternak Jangkrik Sederhana

2. Penataan Media Tempat Jangkrik
Media tempat jangkrik hidup dinamakan dengan tree karena bentuknya meniru pohon. Tempat ini dibuat dengan teknik yang berlawanan antar sisi-sisinya. Guna mempermudah pengaturan tree, anda bisa meletakkan tali rafia dibawah tree kemudian aturlah tree diatas tali rafia tersebut dengan posisi yang berlawanan. Untuk merapikan susunan tree anda bisa mengenangkan ikatan tali rafia.

berilah alas berupa kayu sebagai alas tree. Taruhlah tree diatas potongan kayu yang telah dipersiapkan tersebut. Apabila telur-telur jangkrik sudah menetas, anda bisa menaburkan pakan dan sayuran diatas tree secara merata. Jangan lupa setelahnya tutuplah kardus tersebut menggunakan kawat kasa.
Ternak Jangkrik Sederhana

3. Peletakan Telur Jangkrik
Ciri-ciri telur jangkrik yang siap menetas yaitu adanya bintik kecil yang terdapat diujung telur dan warnanya berubah menjadi kecoklat-kecoklatan. Jadi setelah anda beli telur jangkrik, selanjutnya jemur  telur tersebut dengan cara diangin-anginkan supaya kondisinya mengering. Kemudian letakkan telur di atas koran dengan takaran maksimal ½ kg/bagian.

Diamkan telur-telur jangkrik ini selama beberapa hari sambil terus diamati secara berkala. Jika telur sudah menunjukkan tanda akan menetas atau sudah ada beberapa jangkrik yang menetas, Anda dapat memindahkannya ke dalam kardus. Dalam kondisi normal, semua telur jangkrik akan menetas dalam waktu 2-3 hari.

Anakan jangkrik yang masih berumur 1 hari ini sudah membutuhkan makanan. Pakan yang dapat Anda berikan seperti pelet yang ditumbuk halus serta sayuran sawi putih dan kubis. Jagalah kebersihan dan kualitas pakan yang diberikan kepada jangkrik anakan supaya dapat bertahan hidup dengan baik.

Ternak Jangkrik Sederhana
4. Pemberian Pakan
Contoh pakan yang diberikan kepada jangkrik yang berusia 1-20 hari terdiri atas pelet halus dan sayur-mayur. Selanjutnya ketika jangkrik sudah berumur lebih dari 20 hari sampai panen, Anda bisa memberikannya pakan tambahan berupa bekatul dan jagung halus. Dalam masa ini, Anda pun boleh mengurangi pemberian pelet untuk menekan biaya pemeliharaan jangkrik.

Ternak Jangkrik Sederhana
5. Pemanen
Jangkrik yang Anda ternakkan bisa dipanen pada saat usianya sekitar 25-28 hari. Untuk mempermudah proses pemanenan, Anda bisa mengambil jangkrik-jangkrik tersebut sekalian wadah tree-nya. Setelah itu, masukkan semua jangkrik yang sudah tertangkap ke dalam bak plastik untuk dilakukan penimbangan. Proses berikutnya adalah mengemas jangkrik ke dalam kotak kayu supaya aman.

JUAL TELUR JANGKRIK ALAM
CARA PEMESANAN BISA LANGSUNG MENGHUBUNGI 085648030909
DIJAMIN 98% MENETAS
Kiriman Aman dan Cepat
  
Link Video:
Ternak Jangkrik Sederhana

Ternak Jangkrik Sederhana

Ternak Jangkrik Sederhana

Ternak Jangkrik Sederhana

Ternak Jangkrik Sederhana

Ternak Jangkrik Sederhana

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link: