Tips Beternak Jangkrik dengan Mudah dan gak Ribet

ternak jangkrik adalah satu komoditi serta type usaha yang cukup menjanjikan untuk beberapa pecinta jangkrik serta burung, Usaha ternak jangkrik yaitu satu kesempatan usaha yang pada satu tahun lebih lantas pernah booming ini pernah redup, namun bukanlah mustahil anda tidak dapat menangkap kesempatan usaha ternak jangkrik bukan? Walau usaha ternak jangkrik dikabarkan dengan bombastis informasi kesempatan usaha nya pada sebagian masa lalu serta selanjutnya mulai meredup, untuk anda yang menginginkan coba usaha ternak jangkrik dapat memakai kesempatan usaha yang pernah meredup ini dapat kembali booming, mengapa tidak.


beternak jangkrik dengan mudah dan gak ribet

memulai usaha ternak jangkrik sebaiknya pilih indukan dari alam asli dan juga dalam keadaan baik dengan kata lain tidak cacat indukannya. Memang untuk mendapatkan jangkrik langsung dari alam sangat sulit didapat, untuk itu sebagai alternatif pengganti anda bisa membuat indukan tentu dengan perawatan yang lebih.

penyiapan sarana dan peralatan kandang jangkrik

karena jangkrik biasa melakukan kegiatan di malam hari maka jangan letakan kandang jangkrik di bawah sinar matahari jadi letakan di tempat yang teduh dan redup untuk menjaga kondisi habitatanya jadi dinding kandang diolesi dengan lumpur sawah serta diberi daun-daun kering seperti daun pisang, daun muncul, daun sukun serta daun-daun yang lain untuk tempat persembunyian selain untuk hindari dari sifat kanibalisme dari jangkrik.

Dinding atas kandang sisi dalam baiknya dilapis lakban keliling supaya jangkrik tidak merayap naik hingga keluar kandang. Disalah satu bagian dinding kandang di buat lubang yang ditutup kasa untuk memberi aliran udara yang baik serta untuk melindungi kelembaban kandang. Untuk ukuran kotak pemeliharaan jangkrik, tak ada ukuran yang baku. Yang perlu sesuai sama keperluan untuk jumlah populasi jangkrik setiap kandang.

Kandang jangkrik umumnya berupa persegi panjang dengan ketinggian 30-50 cm, lebar 60-100 cm sedang panjangnya 120-200 cm. Kotak (kandang) bisa di buat dari kayu dengan rangka kaso, tetapi untuk menghemat cost, jadi dinding kandang bisa di buat dari triplek. Kandang umumnya di buat bersusun, serta kandang paling bawah memiliki minimum empat kaki penyangga.Untuk hindari masalah binatang seperti semut, tikus, cecak serta serangga yang lain, jadi ke-4 kaki kandang dialasi mangkok yang diisi air, minyak tanah atau vaseline (gemuk) yang dilumurkan ditiap kaki penyangga

saya berikan contoh kandang jangkrik bila ingin membuat contohnya :

contoh kandang jangkrik

Pembibitan jangkrik

bibit jangkrik yang di perlukan untuk di besarkan haruslah yang sehat, tidak sakit, tidak cacat dan umurnya sekitaran 10 saapi 20 hari .  Calon induk jangkrik yang baik yaitu jangkrik-jangkrik yang datang dari tangkapan alam bebas, karna umumnya mempunyai ketahanan badan yang tambah baik. Jikalau induk betina tidak bisa dari hasil tangkapan alam bebas, jadi induk bisa dibeli dari peternakan. Sedang induk jantan diupayakan dari alam bebas, karna lebih agresif.

Hingga sekarang ini pembiakan Jangkrik yang di kenal yaitu dengan mengawinkan induk jantan serta induk betina, sedang untuk bertelur ada yang alami serta ada pula lewat cara caesar. Tetapi resiko lewat cara caesar induk betinanya besar peluangnya mati serta telur yang didapat tidak rata tuanya hingga daya tetasnya rendahinduk dapat memproduksi telur yang daya tetesnya tinggi kurang lebih 80 sampai 90% apabila di berikan makanan yang bergizi tinggi.setiap peternak mempunyai ramuan ramuan yang khusus di berikan pada induk jangkrik antara lain  bekatul jagung, ketan item , tepung ikan , kuning telur bebek dan kadang kadang di tambah dengan vitamin
Jangkrik umumnya menempatkan telurnya dipasir atau tanah. Jadi di dalam kandang spesial peneluran disediakan media pasir yang dimasukkan dipiring kecil. Perbandingan pada betina serta jantan 10 : 2, supaya didapat telur yang daya tetasnya tinggi. Jika jangkrik telah usai bertelur sekitaran 5 hari, jadi telur dipisahkan dari induknya supaya tidak dikonsumsi induknya lalu kandang bagiab dalam disemprot dengan larutan antibiotik (cotrymoxale).

Dalam satu kandang cukup dimasukkan 1-2 sendok teh telur di mana satu sendok teh telur diprediksikan sekitar pada 1. 500-2. 000 butir telur. Sepanjang sistem ini berjalan warna telur juga akan beralih warna dari bening hingga terlihat keruh. Kelembapan telur mesti dijaga dengan menyemprot telur sehari-hari serta telur mesti dibulak-balik supaya jangan pernah berjamur. Telur juga akan menetas rata sekitaran 4-6 hari.