Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya


Dalam Membuat kandang jangkrik dapat dikatakan gampang gampang susah. Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat kandang cukup mudah diperoleh. Tetapi, dalam pembuatan kandang untuk jangkrik ini harus bisa disesuaikan pada kondisi lingkungan hidupnya.

Untuk dapat menciptakan kenyamanan jangkrik di dalam replika kandang buatan diperlukan kandang yang ideal dan baik. Sehingga jangkrik mampu bertahan hidup juga berkembang biak baik. Hal ini juga bisa berdampak dengan keberhasilan bisnis usaha budidaya jangkrik yang anda dijalankan.

Berdasarkan pengalaman beberapa peternak jangkrik, kandang untuk jangkrik yang digunakan berbeda-beda dan beragam. Baik bentuk, ukuran juga bahan baku yang digunakan untuk membuat kandang jangkrik.

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya
Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya
Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya

Bentuk Kandang Jangkrik


Bentuk dari kandang untuk jangkrik ini menyerupai peti, box, atau persegi panjang.Ukurannya tentu bisa disesuaikan dengan kondisi tempat yang akan digunakan untuk meletakan kandang. Bahan baku yang digunakan dalam membuat kandang bisa berupa dari triplek, kardus, bambu, kayu dan lainnya.
Bahan dan Cara Membuat Kandang Untuk Jangkrik Dari Triplek

Berikut ini gambaran mengenai cara pembuatan kandang yang baik juga ideal terbuat dari triplek dan bentuk menyerupai peti, box atau persegi panjang.
  1. Kayu reng berfungsi untuk pembuatan kerangka kandang
  2. Triplek atau plywood berfungsi sebagai tembok juga alas kandang jangkrik
  3. Paku untuk perekat baik ditahap pembuatan kerangka kandang ataupun menempelkan triplek di kerangka.
  4. Semen putih atau mall  ini berguna untuk melumuri bagian triplek atau dinding kandang jangkrik.
  5. Warinet atau jaring jaring ini berfungsi menutupi bagian atas kandang supaya hama tidak dapat masuk kedalam kandang jangkrik
  6. Bila perlu gunakan bambu yang dipadu terpal plastik untuk penutup kandang.
  7. Dibagian dalam kandang bisa diberi isolasi plastik agar jangkrik tidak merayap keluar.
  8. Pada bagian bawah diberi kaki-kaki yang berguna untuk peletakan mangkuk atau kaleng diisi air, oil, atau cairan lain dengan tujuan agar hama atau predator tidak bisa menjangkau kandang.
Untuk ukuran kandang tentu bisa disesuaikan dengan kondisi tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk tempat peletakan kandang. Tetapi bila tempat atau rungannya cukup terbatas bisa meletakan kandang jangkrik tersusun setidaknya 3 susun. Tentu ini lebih praktis juga efisien tanpa menghambat jumlah populasi jangkrik yang dibudidayakan.

Membuat Penutup Box juga Media Hidup Kandang untuk Jangkrik

Penutup box untuk kandang

Penutup kandang perlu dibuat berfungsi untuk mencegah jangkrik kabur. Juga masuknya predator ke dalam kandang. Penutup box kandang untuk jangkrik bisa dibuat dari kayu reng dikombinasikan dengan warinet atau jaring-jaring. Penutup box kandang jangkrik ini harus bisa dibuka juga ditutup seperti pintu. Ini juga berfungsi mempermudah melakukan perawatan jangkrik juga membersihkan kandang jangkrik.

Media Hidup kandang jangkrik

Untuk menciptakan kandang yang baik juga ideal diperlukan media hidup jangkrik agar mampu bertahan hidup juga berkembang biak dengan baik. Media hidup dalam kandang jangkrik ini bisa berupa tre atau bekas wadah telur ayam. Tre ini berfungsi untuk tempat bersembunyi jangkrik seperti hidup di alam bebas. Sebelum meletakkan tre dalam kandang jangkrik ada baiknya dijemur terlebih dahulu sekitar 6 jam.

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya
Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya

Setelah penjemuran selesai, tre bisa disusun dalam kandang. Cara penyusunan tre dalam kandang jangrik dilakukan dengan cara berlawanan arah antara tre 1 dan 2 sehingga tre tidak terlihat menyatu. Dengan demikian ada rongga-rongga tre yang bisa digunakan untuk tempat persembunyian jangkrik seperti di alam bebas.

Sumber  : http://www.caraternakjangkrik.com/2014/05/cara-membuat-kandang-jangkrik-untuk-pemula-ternak-jangkrik.html