Skip to main content

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya


Dalam Membuat kandang jangkrik dapat dikatakan gampang gampang susah. Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat kandang cukup mudah diperoleh. Tetapi, dalam pembuatan kandang untuk jangkrik ini harus bisa disesuaikan pada kondisi lingkungan hidupnya.

Untuk dapat menciptakan kenyamanan jangkrik di dalam replika kandang buatan diperlukan kandang yang ideal dan baik. Sehingga jangkrik mampu bertahan hidup juga berkembang biak baik. Hal ini juga bisa berdampak dengan keberhasilan bisnis usaha budidaya jangkrik yang anda dijalankan.

Berdasarkan pengalaman beberapa peternak jangkrik, kandang untuk jangkrik yang digunakan berbeda-beda dan beragam. Baik bentuk, ukuran juga bahan baku yang digunakan untuk membuat kandang jangkrik.

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya
Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya
Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya

Bentuk Kandang Jangkrik


Bentuk dari kandang untuk jangkrik ini menyerupai peti, box, atau persegi panjang.Ukurannya tentu bisa disesuaikan dengan kondisi tempat yang akan digunakan untuk meletakan kandang. Bahan baku yang digunakan dalam membuat kandang bisa berupa dari triplek, kardus, bambu, kayu dan lainnya.
Bahan dan Cara Membuat Kandang Untuk Jangkrik Dari Triplek

Berikut ini gambaran mengenai cara pembuatan kandang yang baik juga ideal terbuat dari triplek dan bentuk menyerupai peti, box atau persegi panjang.
  1. Kayu reng berfungsi untuk pembuatan kerangka kandang
  2. Triplek atau plywood berfungsi sebagai tembok juga alas kandang jangkrik
  3. Paku untuk perekat baik ditahap pembuatan kerangka kandang ataupun menempelkan triplek di kerangka.
  4. Semen putih atau mall  ini berguna untuk melumuri bagian triplek atau dinding kandang jangkrik.
  5. Warinet atau jaring jaring ini berfungsi menutupi bagian atas kandang supaya hama tidak dapat masuk kedalam kandang jangkrik
  6. Bila perlu gunakan bambu yang dipadu terpal plastik untuk penutup kandang.
  7. Dibagian dalam kandang bisa diberi isolasi plastik agar jangkrik tidak merayap keluar.
  8. Pada bagian bawah diberi kaki-kaki yang berguna untuk peletakan mangkuk atau kaleng diisi air, oil, atau cairan lain dengan tujuan agar hama atau predator tidak bisa menjangkau kandang.
Untuk ukuran kandang tentu bisa disesuaikan dengan kondisi tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk tempat peletakan kandang. Tetapi bila tempat atau rungannya cukup terbatas bisa meletakan kandang jangkrik tersusun setidaknya 3 susun. Tentu ini lebih praktis juga efisien tanpa menghambat jumlah populasi jangkrik yang dibudidayakan.

Membuat Penutup Box juga Media Hidup Kandang untuk Jangkrik

Penutup box untuk kandang

Penutup kandang perlu dibuat berfungsi untuk mencegah jangkrik kabur. Juga masuknya predator ke dalam kandang. Penutup box kandang untuk jangkrik bisa dibuat dari kayu reng dikombinasikan dengan warinet atau jaring-jaring. Penutup box kandang jangkrik ini harus bisa dibuka juga ditutup seperti pintu. Ini juga berfungsi mempermudah melakukan perawatan jangkrik juga membersihkan kandang jangkrik.

Media Hidup kandang jangkrik

Untuk menciptakan kandang yang baik juga ideal diperlukan media hidup jangkrik agar mampu bertahan hidup juga berkembang biak dengan baik. Media hidup dalam kandang jangkrik ini bisa berupa tre atau bekas wadah telur ayam. Tre ini berfungsi untuk tempat bersembunyi jangkrik seperti hidup di alam bebas. Sebelum meletakkan tre dalam kandang jangkrik ada baiknya dijemur terlebih dahulu sekitar 6 jam.

Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya
Kandang Jangkrik Dari Triplek Dan Cara Membuatnya

Setelah penjemuran selesai, tre bisa disusun dalam kandang. Cara penyusunan tre dalam kandang jangrik dilakukan dengan cara berlawanan arah antara tre 1 dan 2 sehingga tre tidak terlihat menyatu. Dengan demikian ada rongga-rongga tre yang bisa digunakan untuk tempat persembunyian jangkrik seperti di alam bebas.

Sumber  : http://www.caraternakjangkrik.com/2014/05/cara-membuat-kandang-jangkrik-untuk-pemula-ternak-jangkrik.html

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan