Skip to main content

Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot



Langkah Beternak Jangkrik yang mudah serta tak repot yah, ternak jangkrik adalah satu komoditi serta type usaha yang cukup menjanjikan untuk beberapa pencitinta jangkrik serta burung, Usaha ternak jangkrik yaitu satu kesempatan usaha yang pada satu tahun lebih lantas pernah booming ini pernah redup, namun bukanlah mustahil anda tak dapat menangkap kesempatan usaha ternak jangkrik bukan?
Walau usaha ternak jangkrik dikabarkan dengan cara bombastis informasi kesempatan usaha nya pada sebagian waktu lalu serta selanjutnya mulai meredup, untuk anda yang menginginkan coba usaha ternak jangkrik dapat memakai kesempatan usaha yang pernah meredup ini dapat kembali booming, mengapa tak. Mengawali usaha ternak jangkrik, alangkah sebaiknya apabila jangkrik indukan nya datang dari alam asli serta dalam kondisi baik dengan kata lain tak cacat indukannya. Memanglah untuk memperoleh jangkrik segera dari alam begitu susah didapat, karenanya sebagai alternatif pengganti anda dapat bikin indukan pasti dengan perawatan yang lebih.

 Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot
 Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot
Kesempatan usaha ternak jangkrik bagus untuk diperkembang mengingat dengan kerap orang mengadakan lomba burung, lantaran jangkrik juga adalah pakan burung itu. Harga jual jangkrik sendiri dari mulai Rp. 40 ribu s/d Rp. 50 ribu per kilo gr nya. Cobalah anda pikirkan bila kita dapat menghasilkan 100 Kg Jangkrik, dapat dihitung berapakah akhirnya.. Rp. 5 Juta/bln., Begitu lumayan ya?

Usaha budidaya jangkrik sendiri minim kekurangan atau resikonya, lantaran kesuksesannya dapat 90%. Kesuksesan dalam penetasan serta pembesaran jangkrik juga keduanya sama 90%, seandainya anda menjaga jangkrik dengan sungguh-sungguh serta dalam pemberian pakan jangkrik tak alami keterlambatan. sedikit bicara lau ni langkah cara nya :

Pesyaratan tempat untuk budidaya atau beternak jangkrik

1. Tempat budidaya mesti tenang, teduh serta memperoleh aliran hawa yang baik.
2. Tempat jauh dari sumber-sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya serta lain sebagainya.
3. Tak terserang cahaya matahari dengan cara segera atau terlalu berlebih.
4. Bebas dari masalah predator
5. Jauh dari kandang ayam

Langkah budidaya atau beternak jangkrik

1. Penyiapan Fasilitas serta Perlengkapan kandang jangkrik

Lantaran jangkrik umum lakukan aktivitas diwaktu malam hari, jadi kandang jangkrik janganlah ditempatkan di bawah cahaya matahari, jadi tempatkan di tempat yang teduh serta gelap. Untuk melindungi keadaan kandang yang mendekati habitatnya, jadi dinding kandang diolesi dengan lumpur sawah serta diberikan daun-daun kering seperti daun pisang, daun muncul, daun sukun serta daun-daun yang lain untuk tempat persembunyian selain untuk hindari dari karakter kanibalisme dari jangkrik. Dinding atas kandang sisi dalam baiknya dilapis lakban keliling supaya jangkrik tak merayap naik hingga keluar kandang. Disalah satu segi dinding kandang di buat lubang yang ditutup kasa untuk memberi aliran hawa yang baik serta untuk melindungi kelembaban kandang. Untuk ukuran kotak pemeliharaan jangkrik, tak ada ukuran yang baku. Yang utama sesuai sama keperluan untuk jumlah populasi jangkrik setiap kandang.


Kandang jangkrik umumnya berupa persegi panjang dengan ketinggian 30-50 cm, lebar 60-100 cm sedang panjangnya 120-200 cm. Kotak (kandang) bisa di buat dari kayu dengan rangka kaso, tetapi untuk menghemat cost, jadi dinding kandang bisa di buat dari triplek. Kandang umumnya di buat bersusun, serta kandang paling bawah memiliki minimum empat kaki penyangga. Untuk hindari masalah binatang seperti semut, tikus, cecak serta serangga yang lain, jadi ke empat kaki kandang dialasi mangkok yang diisi air, minyak tanah atau vaseline (gemuk) yang dilumurkan ditiap kaki penyangga.

saya berikanlah contoh apabila menginginkan bikin kandang jangkrik

 Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot
 Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot
2. Pembibitan jangkrik

Bibit jangkrik yang dibutuhkan untuk di besarkan sebaiknya yang sehat, tak sakit, tak cacat (sungut atau kaki patah) serta umurnya sekitaran 10-20 hari. Calon induk jangkrik yang baik yaitu jangkrik-jangkrik yang datang dari tangkapan alam bebas, lantaran umumnya mempunyai ketahanan badan yang tambah baik. Jikalau induk betina tidak bisa dari hasil tangkapan alam bebas, jadi induk bisa dibeli dari peternakan. Sedang induk jantan diupayakan dari alam bebas, lantaran lebih agresif.

gambar

Mengenai tanda-tanda indukan jangkrik, induk betina, serta induk jantan yang yaitu seperti berikut :
  • 1. Indukan betina jangkrik sungutnya (antena) masihlah panjang serta komplit dengan ke-2 kaki belakangnya masihlah komplit hingga dapat melompat dengan tangkas, gesit serta terlihat sehat. Tubuh serta bulu jangkrik berwarna hitam mengkilap. Baiknya pastikan induk yang besar dangan pilih jangkrik yang keluarkan zat cair dari mulut serta duburnya jika dipegang.
  • 2. Induk jantan Jangkrikselalu keluarkan nada mengerik dengan permukaan sayap atau punggung kasar serta bergelombang. Tak memiliki ovipositor di ekor
Perawatan jangkrik yang telah di keluarkan dari kotak penetasan berusia 10 hari mesti betul-betul di perhatikan serta dikontrol makanannya, lantaran pertumbuhannya begitu cepat. Hingga bila makanannya kurang, jadi anakan jangkrik bakal jadi kanibal mengonsumsi anakan yang lemah. Diluar itu butuh juga dikontrol kelembaban hawa dan binatang pengganggu, yakni, semut, tikus, cicak, kecoa serta laba-laba. Untuk kurangi karakter kanibal dari jangkrik, jadi makanan jangan pernah kurang. Makanan yang umum diberikan diantaranya ubi, singkong, sayuran serta dedaunan dan diberikan bertukaran sehari-hari.

Hingga sekarang ini pembiakan Jangkrik yang di kenal yaitu dengan mengawinkan induk jantan serta induk betina, sedang untuk bertelur ada yang alami serta ada pula lewat cara caesar. Tetapi resiko lewat cara caesar induk betinanya besar peluangnya mati serta telur yang didapat tak rata tuanya hingga daya tetasnya rendah.

Induk bisa menghasilkan telur yang daya tetasnya tinggi ± 80-90 persen jika diberikan makanan yang bergizi tinggi. Tiap-tiap peternak memiliki ramuan-ramuan yang spesial diberikan pada induk jangkrik diantaranya : bekatul jagung, ketan item, tepung ikan, kuning telur bebek, kalk serta terkadang ditambah dengan vitamin.

Jangkrik umumnya menempatkan telurnya dipasir atau tanah. Jadi di dalam kandang spesial peneluran disediakan media pasir yang dimasukkan dipiring kecil. Perbandingan pada betina serta jantan 10 : 2, supaya didapat telur yang daya tetasnya tinggi. Jika jangkrik telah usai bertelur sekitaran 5 hari, jadi telur dipisahkan dari induknya supaya tak dikonsumsi induknya lalu kandang bagiab dalam disemprot dengan larutan antibiotik (cotrymoxale).

Dalam satu kandang cukup dimasukkan 1-2 sendok teh telur di mana satu sendok teh telur diprediksikan sekitar pada 1. 500-2. 000 butir telur. Sepanjang sistem ini berjalan warna telur bakal beralih warna dari bening hingga terlihat keruh. Kelembapan telur mesti dijaga dengan menyemprot telur sehari-hari serta telur mesti dibulak-balik supaya jangan pernah berjamur. Telur bakal menetas rata sekitaran 4-6 hari.

 3. Pemeliharaan Jangkrik

Seperti sudah diterangkan di atas kalau dalam pengelolaan peternakan jangkrik ini sanitasi adalah permasalahan yang begitu utama. Untuk hindari ada beberapa zat atau toksin yang ada pada bahan kandang, jadi sebelumnya jangkrik dimasukkan dalam kandang, sebaiknya kandang dibikin bersih terlebih dulu serta diolesi lumpur sawah. Untuk menghindar masalah hama, jadi kandang di beri kaki serta tiap-tiap kaki semasing dimasukkan dalam kaleng yang diisi air.

Perawatan jangkrik selain keadaan kandang yang perlu diupayakan sama juga dengan habitat aslinya, yakni lembab serta gelap, jadi yg tidak kalah utamanya yaitu gizi yang cukup supaya tak sama-sama makan (kanibal).

4. Pemberian Pakan jangkrik

 Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot
 Langkah Beternak Jangkrik yang Mudah Serta Tidak Repot
Anakan usia 1-10 hari diberikan Voor (makanan ayam) yang di buat darikacang kedelai, beras merah serta jagung kering yang dihaluskan. Sesudah vase ini, anakan bisa mulai di beri pakan sayur-sayuran selain jagung muda serta gambas. Sedang untuk jangkrik yang tengah dijodohkan, di beri pakan diantaranya : sawi, wortel, jagung muda, kacang tanah, daun singkong dan ketimun lantaran kandungan airnya tinggi. Bahkan juga ada pula yang memberi pakan untuk ternak yang dijodohkan anatar lain : bekatul jagung, tepung ikan, ketan hitam, kuning telur bebek, kalk serta sebagian vitamin yang dihaluskan serta digabung jadi satu.

5. Pemeliharaan Kandang

Air dalam kaleng yang ada dikaki kandang, ditukar tiap-tiap 2 hari sekali serta kelembaban kandang mesti di perhatikan dan diupayakan supaya bahaya jangan pernah masuk dalam kandang.

6. Hama serta penyakit jangkrik

Penyakit, Hama serta Pemicunya Hingga saat ini belum diketemukan penyakit yang serius menyerang jangkrik. Umumnya penyakit itu muncul lantaran jamur yang melekat di daun. Sedang hama yang kerap mengganggu jangkrik yaitu semut atau serangga kecil, tikus, cicak, katak serta ular.
Mencegah Serangan Hama serta Penyakit Untuk hindari infeksi oleh jamur, jadi makanan serta daun tempat berlindung yang tercemar jamur mesti dibuang. Hama pengganggu jangkrik bisa diatasi dengan bikin dengan bikin kaleng yang diisi air, minyak tanah atau memoleskan gemuk pada kaki kandang.
Pemberian Vaksinasi serta Obat Untuk sekarang ini lantaran hama serta penyakit bisa diatasi dengan cara prefentif, jadi penyakit jangkrik bisa ditekan seminimum mungkin saja. Jadi pemberian obat serta vaksinasi tak dibutuhkan.

7. Panen Jangkrik

Peternak jangkrik bisa peroleh 2 (dua) hasil paling utama yang nilai ekonomisnya sama besar, yakni : telur yang bisa di jual untuk peternak yang lain serta jangkrik dewasa untuk pakan burung serta ikan dan untuk tepung jangkrik.





Sumber : http://www.caraternakjangkrik.com/2017/01/saran-memanen-jangkrik-yg-benar-dan-untungkan-dengan-laba-tinggi.html

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan