Skip to main content

Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan


Setelah menetaskan Telur Jangkrik kini saatnya memilih Makanan Jangkrik Yang Bagus untuk mempercepat pertumbuhan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Karena di dalam Budidaya Jangkrik semakin cepat anda panen maka akan semakin bagus selain menghemat waktu anda sebenarnya juga telah menghemat biaya berupa jumlah pakan yang tidak terlelu banyak seiring bertambahnya umur jangkrik.

Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan
Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Secara detail kami jelaskan kenapa dengan masa panen yang cepat maka pakan yang digunakan juga semakin irit? dan bukankah berat jangkrik tidak bisa maksimal kalau pakan jangkrik sedikit?

Pertama, Masa panen jangkrik sebenarnya bukan ditentukan oleh lamanya umur panen, namun lebih kepada masa fase pergantian kulit yang terakhir atau biasa disebut dengan jangkrik tlondo. Disini kita membahas tentang memilih makanan jangkrik untuk mempercepat pertumbuhan agar masa panen juga semakin cepat dan otomatis pakan yang dibutuhkan juga berkurang tidak terbuang karena proses pertumbuhan yang lambat. Yang pada umumnya jangkrik dapat dipanen sekitar umur 28-30hari dengan pakan yang baik dan perawatan yang bagus dapat dipanen dengan umur hanya 22-25hari saja. tentunya kita dapat menghemat pakan untuk 3 hari.

Kedua, Dengan umur jangkrik yang dapat dipersingkat tidak akan berpengaruh pada hasil panen yang berkurang dalam berat, namun justru berat jangkrik dapat menjadi maksimal karena dapat dicerna dengan baik tidak terbuang bersama kotoran. Sebaliknya jika pertumbuhan jangkrik lambat maka makanan yang setiap hari dikasih banyak yang terbuang sia-sia karena berubah jadi kotoran. Hal ini ditunjukan dari aktifitas jangkrik yang selalu makan namun tidak kunjung besar dan berganti kulit tidak secara bersamaan.

Lalu Makanan Jangkrik apa yang paling bagus agar Jangkrik dapat dipanen dengan usia yang sesingkat mungkin?

Agar Jangkrik dapat dipanen dengan umur yang singkat maka harus memperhatikan faktor suhu kandang dan makanan. Selain Makanan Jangkrik suhu ruangan sekitar juga mempunyai pengaruh yang besar karena juga dapat dipengaruhi oleh musim saat itu. Dibawah ini Makanan Jangkrik yang bagus untuk diberikan jika anda memelihara jangkrik:

1. Konsentrat Ayam/Voor ayam(makanan utama)

Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan
Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan
Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan


Sebaiknya Voor Ayam yang dipakai adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan, Semakin halus maka semakin bagus karena mudah dicerna. Kenapa memilih voor ayam 511? karena voor ini sudah kita pertimbangkan memiliki kandungan gizi paling cocok untuk makanan jangkrik, selain itu harganya juga masih dapat dijangkau untuk hasil paling bagus. Dari segi harga juga tidak telalu mahal juga tidak murah. Voor adalah makan wajib karena yang merupakan makanan utama yang mempercepat perumbuhan jangkrik. Jika anda ingin menggunakan konsentrat yang lain juga tidak apa2 misal pakan puyuh dan semacamnya namun untu pakan ikan(pelet) sebaiknya tetap dikasih campuran misal voor ayam/puyuh agar mempermudah pencernaan.

2. Sayuran/Hijauan(Makanan Pendamping)

Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan
Makan Jangkrik Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Sayuran disini sedikit berbeda dengan yang diartikan untuk manusia, sayuran yang dimaksud adalah makanan pendamping atau yang mengandung air untuk pengganti minum. Kenapa harus dikasih sayur? karena dihabitat aslinya jangkrik memakan tumbuhan seperti krokot dan daun yang segar. Maka dalam Budidaya Ternak Jangkrik makanan pendamping berupa hijauan juga harus selalu menjadi menu utama.

Makanan Jangkrik Berupa Hijauan dapat berupa:
  1. Buah Pepaya Muda yang diiris tipis
  2. Daun Pepaya segar muda dan tua
  3. Pohon Pepaya diambil daging bagian dalam
  4. Daun Pisang
  5. gedebog pisang(hanya untuk tambahan)
  6. Daun Ketela
  7. Sawi Putih
  8. Gambas,dll
Nah diatas merupakan beberapa pakan yang dapa diberikan kepada jangkrik agar mempercepat proses pertumbuhan dan panen, anda juga dapat menambahkan beberapa menu yang mudah didapatkan didaerah anda berada.

Sumber : http://www.caraternakjangkrik.com/2017/01/kiat-menentukan-induk-jangkrik-unggulan-dan-berkualitas.html

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

makanan jangkrik agar tidak mudah mati

nah kali ini saya akan memberi informasi pemberian makanan pada jangkrik agar tidak mudah mati dan terserah hama penyakit lainnya. setelah menetaskan telur jangkrik kini saatnya memilih makanan  jangkrik agar tidak mudah mati saat beternak Supaya Jangkrik bisa dipanen dengan usia yang singkat jadi harus memperhatikan faktor suhu kandang serta makanan. Tidak cuman Makanan. Jangkrik suhu ruang sekitaran juga memiliki dampak yang besar karna dapat juga di pengaruhi oleh musim waktu itu. Berikut ini Makanan Jangkrik yang bagus untuk diberi bila anda pelihara jangkrik : vorr ayam sebelum dihaluskan      vorr ayam jenis 511   1. Konsentrat Ayam/Voor ayam(makanan utama) Sebaiknya Voor Ayam yang dipakai adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan, Semakin halus maka semakin bagus karena mudah dicerna. Kenapa memilih voor ayam 511? karena voor ini sudah kita pertimbangkan memiliki kandungan gizi paling cocok untuk makanan jangkrik, selain itu harganya juga masih dapat dijangkau untuk

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan