Thursday, January 12, 2017



Saat mengawali usaha jangkrik, ada cara-cara yang dapat kita kerjakan untuk peroleh bibit jangkrik unggulan. Terkecuali mencari indukan dari alam, kita dapat juga beli calon indukan yang siap bertelur atau beli anakan untuk jadikan bibit.

Langkah peroleh bibit jangkrik unggulan dengan beli calon indukan yang siap bertelur dapat disebutkan sebagai langkah yang paling cepat membuahkan telur jangkrik. Namun, Anda mesti cermat waktu pilih indukan jangkrik untuk diternakkan. Salah pilih indukan dapat menyebabkan fatal untuk keberlangsungan usaha jangkrik yang Anda rintis.

Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan
Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan

Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan
Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan


Di bawah ini terdapat banyak panduan pilih induk jangkrik unggulan yang dapat Anda pakai saat akan mencari indukan jangkrik untuk usaha Anda.

Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan


1. Pilih calon induk jangkrik segera dari alam.


Bila sangat mungkin pastikan indukan jangkrik yang di tangkap dari alam. Indukan jangkrik type ini dipercaya lebih tahan penyakit serta lebih agresif lantaran punya kebiasaan hidup diluar ruang.

Tidak sama dengan calon indukan jangkrik hasil pembiakan atau penangkaran yang punya kebiasaan hidup didalam ruang hingga ketahanan badannya tak sebagus jangkrik yang di ambil segera dari alam.

Tetapi, bila induk jangkrik alami susah diperoleh, Anda dapat beli indukan jangkrik hasil penangkaran yang banyak di jual di beberapa toko penyedia pakan burung.

2. Pilih calon indukan yang sehat serta berkualitas


Saat pilih calon indukan jangkrik, yakinkan kalau indukan jangkrik itu mempunyai fisik yang sehat, tak mempunyai cacat, mempunyai anggota tubuh yang masihlah komplit, ukuran tubuhnya besar, bulu serta tubuhnya berwarna hitam mengkilap serta antenanya masihlah panjang.

Diluar itu, cermati juga gerakan jangkrik itu. Jangkrik yang sehat mempunyai gerakan yang gesit serta lompatannya jauh.

3. Membedakan jangkrik betina serta jangkrik jantan

Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan
Panduan Pilih Induk Jangkrik Unggulan

Untuk pilih indukan jangkrik yang unggulan, Anda harus juga tahu ketidaksamaan pada jangkrik betina serta jangkrik jantan.

Jangkrik betina mempunyai ovipositor yang berperan keluarkan telur memiliki ukuran besar dibagian ekornya hingga terlihat mempunyai 3 helai ekor, tak berderik dan mempunyai permukaan punggung yang lebih halus.

Sedang jangkrik jantan cuma mempunyai dua helai ekor lantaran tak mempunyai ovipositor, permukaan punggungnya bergelombang serta terlihat lebih kasar dan keluarkan nada derik yang keras.

4. Memerhatikan usia indukan


Usia indukan jangkrik yang ideal untuk jadikan indukan yaitu sekitaran 10-20 hari. Jangkrik berumur 10-20 hari dinilai telah siap untuk bertelur.

5. Apabila mengambil indukan dari penangkaran, tentukan yang betina saja


Saat mengambil keputusan untuk beli indukan jangkrik dari satu penangkaran, tentukan indukan jangkrik betina saja. Janganlah mengambil indukan jantan dari tempat penangkaran yang sama juga dengan indukan betinanya.

Bila Anda pilih indukan betina serta jantan dari satu tempat penangkaran yang sama, di kuatirkan bakal membuahkan keturunan yang abnormal.

Gabungan paling baik saat pilih indukan jangkrik unggulan terkecuali menjodohkan jangkrik yang datang dari alam dengan jangkrik penangkaran yaitu dengan beli satu type indukan jangkrik dari peternak lain.

6. Menjodohkan sebagian indukan betina untuk satu induk jantan


Untuk satu ekor indukan jangkrik jantan dapat mengawini sebagian ekor jangkrik betina. Oleh karenanya, sistem penjodohan calon indukan yang ideal yaitu dengan memakai perbandingan 10 : 2 untuk indukan jangkrik betina serta jangkrik jantan.

Sebagai contoh, Anda butuh sediakan 3 sampai 4 calon indukan betina untuk satu ekor indukan jangkrik jantan.

7. Pilih indukan yang datang dari spesies yang sama


Jangkrik cuma dapat dikawinkan dengan jangkrik lain dari satu spesies yang sama. Bila spesies jangkrik jantan serta jangkrik betina tidak sama, jadi akan tidak berlangsung perkawinan.

Untuk anda yang memerlukan bibit jangkrik yang bermutu, silakan hubungi kami.

Baca juga artikel selanjutnya : http://www.caraternakjangkrik.com/2017/01/langkah-bikin-tepung-jangkrik-untuk-penambah-stamina-burung.html