Skip to main content

Budidaya Jangkrik Rumahan

Usaha Budidaya jangkrik bukanlah hal baru bagi masyarakat indonesia. Budidaya ini sudah ada sejak lebih dari 15 tahun yang lalu. Namun ahir – ahir ini di internet, booming mengenai usaha ternak jangkrik. Umumnya jangkrik digunakan sebagai makanan burung atau ikan. Tidak lain karena kandungan protein dan zat lainya yang dipercaya mampu menunjang kualitas suara burung berkicau.
 
Budidaya Jangkrik Rumahan
Budidaya Jangkrik Rumahan
Pada mulanya ternak jangkrik hanya dijalankan oleh para breeder untuk makanan bururng mereka. Namun semakin hari permintaan pasar semakin tinggi hingga muncul de untuk membudidayakan jangkrik Walaupun beberapa tahun lalu usaha ini sempat redup. Tetapi akhirnya kembali booming, semenjak bertambahnya penghobi burung kicau.
 
Budidaya Jangkrik Rumahan
Jangkrik tersebar di wilayah Indonesia dengan berbsgsi macam jenis. Hal ini disebabkan perbedaan iklim setiap daerah. Diantara semakin banyak jenisnya ada dua yag paling banyak dibudidayakan Gryllus Mitratus dan Gryllus testaclus. Menurut beberapa pembudidaya kedua jenis jangkrik ini paling mudah dibudidayakan dibanding lainnya.

Cara Ternak Jangkrik
1. Persiapkan Kandang
Beberapa point yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang yaitu, memiliki lokasi yang tenang, jauh dari kebisingan, terhindar dari sinar matahari, dan memiliki aliran udara yang bagus. Terhindar dari predator jangkrik seperti reptile, semut dan ayam.

Selanjutnya  adalah pembuatan kandang, ukuran kandang bebas sesuai keinginan anda. Untuk bagian alas buat dari triplek atau kayu, usahakan jangan sampai berlubang. Pada bagian sampingnya anda dapat mengunakan mesh atau kawat nyamuk yang lubangnya sangat kecil.  Untuk tempat makan dan bertelur anda dapat menggunakan nampan plastik. Tambahkan sedikit pasir pada nampan untuk bertelur jangkrik. Tambahkan juga egg tray (wadah telur ayam) yang terbuat dari karton. Terahir tambahkan lakban plastik pada pinggiran atas kandang.

 JUAL TELUR JANGKRIK ALAM SUPER
HARGA TERMURAH, KUALITAS TERBAIK
DIJAMIN 98% MENETAS
HUBUNGI 0856-4803-0909
2. Pembibitan dan pemeliharaan
Calon indukan yang berkualitas dapat anda beli di peternak jangkrik. Atau  Kalau tidak ada bisa anda beli pada penjual jangkrik. Indukan yang bagus memiliki ciri, bertubuh besar, gesit dan tidak ada cacat. Pada tahap awal jangan sampai telat dalam pemberian makan jangkrik. Karena biasanya jangkrik dewasa memakan anakan yang masih lemah. Selain itu perhatikan juga jika ada serangga lain yang masuk ke kandang jangkrik.  Prosentase setiap kandang yang bagus adalah 10:2 antara jantan dan betina.

Setelah indukan sudah mulai bertelur, pada hari 5 pisahkan telur dari induknya. Dan pindahkan ke kandang lain untuk ditetaskan. Jangan lupa menyemrotkan larutan antibiotik (cotrymoxale). Ke dalam kandang.  Pada proses  ini , telur perlu disemprot air tiap hari demi menjaga kelembapan kandang. Untuk satu kandang baru cukup diberi 3 sendok telur jangkrik, tergantung dari besar kecil kandang tersebut.
 
Budidaya Jangkrik Rumahan
Pemberian pakan diberikan saat anakan sudah mencapai umur  satu hari. Anakan jangkrik diberi makanan kacang – kacangan yang digiling halus. Seperti jagung, kedelai dan beras merah. Setelah du minggu atau anakan sudah tumbuh besar. Makanan di alihkan ke sayur – sayuran, seperti sawi, kol dan bisa juga ketela. Sedangkan makanan untuk indukan yang dikawinkan adalah bekatul, ketimun , sayuran dan telur yang dicampur jadi satu.
 
Budidaya Jangkrik Rumahan
Pada ternak jangkrik ini umumnya dapat panen pada 40 – 60 hari. Tergantung jumlah kandang anda. Pada saat panen biasanya ada peternak yang hanya mengambil jangkrik dewasa. Ada juga yang memanen jangkrik sekaligus  telurnya. Untuk yang kedua biasanya peternak yang sudah cukup besar dengan kandang lebih dari 10. Setelah panen tree yang masih bagus dijemur untuk dipakai lagi, sedangkan yang rusak sebaiknya dibuang untuk diganti baru.

 JUAL TELUR JANGKRIK ALAM SUPER
HARGA TERMURAH, KUALITAS TERBAIK
DIJAMIN 98% MENETAS
HUBUNGI 0856-4803-0909
Link Video:
 
Budidaya Jangkrik Rumahan

Budidaya Jangkrik Rumahan

Budidaya Jangkrik Rumahan

Budidaya Jangkrik Rumahan

Budidaya Jangkrik Rumahan

Budidaya Jangkrik Rumahan
 
 

Popular posts from this blog

Perbedaan Jangkrik Alam dan Jangkrik genggong

Jangkrik madu  adalah satu spesisies dengan Jangkrik Alam, perbedaannya hanya di warna jangkriknya jangkrik alam berwarna coklat dan jangkrik madu berwarna kuning masih dalam satu sub spesies acheta domestica jenis jangkrik alam/seliring/alas itu bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang , tidak banyak mengandung air jenis jangkrik alam /seliring/alas tersebar di seluruh indonesia dan yang paling di minati. umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 35 - 40 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan. jangkrik jangkrik Kalung adalah nama lain dari Jangkrik Genggong (Gryllus Bimaculatus) sekedar informasi saja, Jangkrik Genggong ini adalah penamaan jangkrik kalung di daerah sumatra dan sekitarnya biasa juga disebut jangkrik air (karena tubuhnya mengandung banyak air.jenis jangkrik kalung/genggong itu merupakan jangkrik sering kita jumpai , persebaran nya di seluruh indonesia. bentuk tubuh jangkrik kalung/genggong lebih besar dari jangkrik alam dan mengandung banyak

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina

Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Hewan jangkrik dengan nama latin gryllidae atau sering juga disebut dengan cengkerik adalah merupakan hewan serangga yang mempunyai kekerabatan cukup dekat dengan belalang. Ciri fisik jangkrik pada umumnya memiliki bentuk tubuh rata dan mempunyai sepasang antena yang cukup panjang diatas kepalanya yang memiliki banyak fungsi pengindera diantaranya adalah sebagai alat peraba juga untuk lebih mengenali area disekitarnya. Pada dasarnya jangkrik termasuk kedalam golongan binatang pemakan tumbuhan atau omnivora, namun dalam kondisi tertentu binatang ini bisa menjadi pemakan segala bahkan bisa saling memakan sesamanya. Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Pengenalan Tentang Jangkrik Dan Cara Membedakan Jangkrik Jantan Dan Betina Jangkrik pada awalnya adalah merupakan serangga liar yang banyak hidup dihutan, diarea persawahan dan ditanah-tanah lapang yang ditumbu

pakan ternak untuk jangkrik umur 1-15 hari

Pakan ternak untuk ternak jangkrik pada umur 1 sampai 15 hari Umur 1-15 hari diberi pakan vour  jenis 511 murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas, Anak jangkrik yang baru menetas hingga pada umur lebih kurang 1 – 20 hari mempunyai keadaan badan yang begitu rawan pada dampak dari luar, umpamanya dampak cuaca, makanan, serta lingkungan di sekelilingnya. Anak-anak jangkrik hingga lebih kurang usia 1 minggu masih tetap butuh menyesuaikan dengan lingkungan rumah mereka yang baru.maka dari itu suhu udara harus di jaga agar tidak tidak terjadi kelembapan. Makanan yang diberikan pada masa awal pertumbuhan harus lunak dan mudah dicerna, misalnya daun kubis muda, jagung muda, dan kecambah kacang hijau. umur jangkrik pemberian pakan jangkrik menggunakan pepayaa saaat  dan vour ayam  awal umur 1 hari.Makanan yang didapatkan pada saat awal perkembangan mesti lunak serta gampang diolah, umpamanya daun kubis muda, jagung muda, serta kecambah kacang hijau. Makanan itu diletakkan