Cara Ternak Jangkrik Sederhana


Untuk mendalami usaha di dalam dunia peternakan tidak harus beternak binatang besar seperti sapi, kambing atau ayam broiler. Tidak pula memakai lahan dan tempat yang luas. Tidak pula mengeluarkan modal untuk memberi pakan yang banyak. Karena disana terdapat beberapa hewan ternak kecil yang sangat menguntungkan dan profit apabila dibudidayakan.
 
Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Di antaranya adalah hewan jangkrik. Beternak jangkrik merupakan solusi utama buat kalian yang tidak memiliki lahan luas dan modal cukup untuk memberi pakan. Bahkan jika didalami secara serius anda bisa sukses meraup jutaan rupiah dari usaha ini. Sudah banyak para master yang membuktikannya. Dapur mereka ngebul karena bisnis ternak jangkrik.

Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Hal yang menyebabkan para peternak jangkrik sukses ialah tingginya minat konsumen terhadap serangga ini. Biasanya masyarakat memanfaatkan jangkrik sebagai pakan burung kicau agar kualitas kicauannya bagus. Selain itu kadang juga dimanfaatkan untuk makanan binatang pengerat semisal sugar glider atau landak mini.

Oleh sebab itu, ternak jangkrik adalah peluang usaha yang menjanjikan. Baiklah di kesempatan ini hobinatang.com akan membahas secara panjang lebar tentang bagaimana cara budidaya jangkrik bagi pemula. 
 
Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Cara ternak jangkrik sangat sederhana dan mudah sekali, asalkan kita serius dengan niat yang baik, maka kesuksesan akan menghampiri kita.
Tahap pertama adalah membuat kandang jangkrik, kandang jangkrik bisa anda bikin berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebar 60-100cm, panjang 120-200cm, untuk tingginya bisa 30-50cm. Setelah itu berilah lubang di setiap sisi kandang, lalu lubang tersebut dipasang kain kasa agar jangkrik tidak keluar melalui lubang tersebut, fungsi lubang pada kandang adalah sebagai sirkulasi udara dan untuk menjaga kelembaban kandang. 

Disarankan  juga agar kalian memberi daun daun kering sebagian tempat persembunyian antara satu jangkrik dengan jangkrik lainnya. Sebab jangkrik merupakan serangga yang tergolong kanibal alias suka memakan apa aja termasuk temannya sendiri. Untuk itulah kalian harus membuat pemisah berupa daun. Jika tidak, bisa bisa pada mati.

Perlu sobat ketahui, bahwa jangkrik adalah binatang nokturnal yang aktif di malam hari. Jadi jauhkan kandangnya dari sumber ruangan yang terang dan terdapat sinar matahari. Letakan kandang jangkrik pada tempat yang gelap sesuai habitat aslinya yaitu di alam yang gulita. 
Jangan lupa bagian dinding atas dalam kandang diberi lakban secara keliling supaya jangkrik tidak bisa keluar kandang.
 
Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Selanjutnya mengenai pemilihan telur jangkrik yang memiliki kualitas yang bagus, perlu anda ketahui bahwa telur jangkrik yang berkualitas bagus itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Umur telur jangkrik yang akan anda tetaskan haruslah pas berumur antara 5-6hari, Untuk kiriman ke luar pulau, biasakanlah meminta umur telur minimal 5-6hari dengan perkiraan perjalanan menuju ke tempat anda selama 3 hari. Namun bila perjalanan ke tempat anda hanya membutuhkan waktu 24jam, anda dapat meminta telur yang berumur 7-8hari dan sudah keluar titik mata diujung telur. Selain itu, anda dapat meminta garansi kepada penjual apabila telur pesanan anda busuk/ tidak layak ditetaskan ketika sampai di tangan anda.  
2. Kematangan telur dapat pula dilihat dari bentuk telur jangkrik yang anda terima. Telur jangkrik yang sudah berkembang secara sempurna ditandai dengan bentuk ujung telur tumpul, itu menunjukkan bahwa telur dalam kondisi cukup umur ketika diayak dan dipisahkan dari media pasir. Apabila ujung telur masih dalam keadaan lancip, itu tanda telur belum cukup umur ketika dipisahkan dari pasir dan butuh perlakuan khusus untuk mematangkan telur tersebut. Telur yang belum cukup umur dapat ditreatmen dengan cara diperam terlebih dahulu selama 3-5hari. Setelah cukup umur telurnya, yang ditandai dengan keluar titik mata diujung telur dan warna berubah, maka telur tersebut bisa langsung ditetaskan.  
3. Warna telur yang bagus dan berkualitas istimewa biasanya berwarna putih atau kuning mengkilat tanda telur masih berumur 6-7hari. Apabila warna telur berubah menjadi kecoklatan, berarti 1-3hari kemudian telah siap ditetaskan. Hindari memilih warna telur yang kusam, coklat ataupun kehitaman.  

JUAL TELUR JANGKRIK KUALITAS BAGUS
HUBUNGI TELEPON ATAU WHATSAPP
085648030909
Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Selanjutnya mengenai perawatan jangkrik yang baik,
Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, untuk perawatan jangkrik, anda harus memulainya dari kandang yang dijaga dari serangan hama dengan memberinya minyak pada setiap penyangga kandang serta selalu menjaga kelembaban kandang.

Pemberian pakan jangkrik,
Memberi pakan jangkrik harus disesuaikan usianya. Untuk usia 1-10 hari diberi pakan berupa voor (pakan ayam) yang komposisinya dari kacang kedelai, beras merah dan jagung kering yang ditumbuk atau dihaluskan.
Setelah 10 hari ke atas anda bisa memberinya sayuran. Adapun jangkrik yang sudah kawin atau masa perkawinan berilah pakan yang kaya protein dan gizi seperti sawi, wortel, jagung muda, kacang tanah, ketan hitam, bekatul jagung dan lain sebagainya. Bagaimana, mudahkan?
 
Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Setelah anda melakukan langkah di atas maka saatnya telah tiba yaitu panen jangkrik. Untuk panen anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu telur dan jangkrik dewasa. Telur jangkrik bisa anda jual kembali dan jangkrik dewasa untuk pakan burung dan ikan.

Masa panen jangkrik bisa anda dapatkan setelah 4-5 hari dari sejak mulai pembibitan. Jangkrik juga memiliki reproduksi telur yang cepat.  dan sekali bertelur bisa mencapai lebih 500 butir telur.
 
Cara Ternak Jangkrik Sederhana
Nahh.. 
Telur jangkrik dimana? belilah saja ditoko kami ya,,
Hargnya murah, pengiriman cepat, aman dan tidak akan menetas dijalan, siap dikirim kedaerah manapun dengan ekspedisi pengiriman menggunakan JNT. Informasi lebih lanjut mengenai telur jangkrik langsung saja menghubungi telur jangkrik pada nomor 085648030909

Link Video:


Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana

Cara Ternak Jangkrik Sederhana